Sebelum kita merancang sebuah rumah, alangkah baiknya kita mendesain rumah sesuai kebutuhan kita.Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju, kini segalanya semakin mudah untuk dilakukan, termasuk untuk urusan mendesain rumah.

Karena banyak software desain rumah baik yang tersedia dari mulai  platform PC Dekstop sampai dengan smartphone, sehingga Anda pun tak perlu mengeluarkan biaya lebih karena banyak dari software tersebut yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Karena kehadiran software dapat membantu diri Anda dan menghemat biaya untuk menyewa jasa desainer interior maupun eksterior.Kini Anda pun bisa merancang serta mendesain setiap sudut interior maupun eksterior rumahmu sendiri. Anda juga bebas mengekspresikan kreativitas dan mewujudkannya dalam mendesain rumah impian.

Baca Juga : Cara mendesain rumah agar terlihat elegan

Meskipun Anda tak memiliki basic skill desainer sekalipun, Anda tetap bisa menggunakan beberapa software tersebut, karena di dalamnya terdapat tutorial yang akan memudahkan untuk mewujudkan desain rumah impian.

Langsung saja, berikut adalah beberapa software desain rumah yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda mewujudkan rumah idaman.

Beberapa Software Desain Rumah Terbaik yang Membantu Anda Menciptakan Rumah Impian

  1. Home Designer Professional

Home Designer Professional menawarkan berbagai fitur yang memungkinkan Anda untuk mendesain rumah idaman mulai dari bagian interior, eksterior, halaman rumah serta perkiraan biaya. Jadi, Home Designer Professional dapat Anda andalkan untuk merombak atau membuat rumah maupun ruangan menjadi lebih mengagumkan. Software ini dilengkapi dengan ribuan objek arsitektur 3D yang dapat Anda gunakan mulai dari furnitur, perabotan, hingga warna dinding dan lantai. Dengan berbagai banyak fitur tersebut membuat Home Designer Professional menjadi salah satu software desain rumah terbaik.

  1. SketchUp Pro

Bagi Anda yang masih awam dalam bidang desain interior maupun eksterior bisa memanfaatkan forum online yang ada dalam SketchUp Pro. Di dalamnya berisi berbagai tutorial hingga diskusi yang membantumu untuk menyelesaikan project desain impian. SketchUp Pro memungkinkan Anda dengan mudah merancang model rumah 3D yang begitu detail. Software ini juga cukup bagus untuk membuat dokumen presentasi karena telah mendukung berbagai fitur mulai dari perancangan hingga ilustrasi vektor dan juga beragam animasi objek 3D.

Baca Juga : Gambar desain rumah ini membuat Anda betah dirumah

  1. NCH DreamPlan

DreamPlan memungkinkan Anda membuat sketsa rumah, kondominium atau apartemen hanya dalam sekejap. Anda dapat menentukan warna, tekstur, furnitur dan dekorasi khusus, serta merencanakan ide lansekap eksterior dan halaman rumah. Software ini menyediakan fitur untuk beralih antara mode tampilan yang berbeda dengan pilihan mode 3D, 2D dan Blueprint. Software yang bisa berjalan di berbagai platform ini memiliki antarmuka yang menarik serta fitur desain interior yang menarik, karena sudah dilengkapi dengan berbagai item seperti perabotan, furnitur, dan bahkan merencanakan dan merancang ruang bawah tanah.

  1. Sweet Home 3D

Sweet Home 3D cocok untuk pemula dan merupakan software yang paling mudah dan sederhana untuk mendesain rumah. Software ini memungkinkan Anda untuk membuat interior maupun eksterior sesuka hati hanya dengan beberapa klik saja. Terdapat banyak furnitur yang terbagi dalam beberapa kategori seperti dapur, ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi. Setelah menambahkan properti tersebut, Anda dapat mengustomisasinya dengan mengubah warna, tekstur, ukuran, ketebalan, lokasi, dan orientasi. Tampilan 3D ini dapat Anda nikmati di berbagai platform mulai Windows, macOS, Linux, hingga Solaris.

Baca Juga : Desain rumah tingkat minimalis ini cocok untuk referensi Anda

  1. Chief Architec Premier

Chief Architect Premier yang merupakan software desain rumah yang diciptakan oleh arsitek maupun desainer profesional. Chief Architect Premier dapat sepenuhnya menangani semua jenis proyek desain rumah untuk tujuan komersial. Fiturnya bisa dibilang sangat lengkap, contohnya saat Anda membuat dinding, maka secara otomatis software ini akan membuat model 3D dan menampilkan daftar bahan dan alat-alat bangunan untuk membuat dinding tersebut. Software ini memiliki katalog objek 3D yang memungkinkan Anda untuk mengekspor data dalam berbagai format.

  1. Space Designer 3D

Space Designer 3D merupakan software berbasis web yang memungkinkan Anda untuk merencanakan dan memvisualisasikan desain rumah ideal menggunakan browser web. Selain bisa dijalankan diberbagai platform, software ini memungkinkan Anda untuk menggambar denah lantai dari ruang bawah tanah hingga atap dan Anda juga dapat menyesuaikan desain interior dengan dukungan lebih dari 5.000 furnitur yang beragam. Space Designer 3D dapat mensimulasikan pencahayaan alami secara realistis, dengan efek visualisasi 2D maupun 3D.

  1. HGTV Home & Landscape Platinum Suite

Bagi Anda yang ingin memiliki halaman rumah dan bagian eksterior yang indah, maka bisa menggunakan HGTV Home & Landscape Platinum Suite ini untuk memulai merancangnya. Salah satu fitur unggulannya adalah the deck builder wizard yang memungkinkan Anda untuk membuat dek atau teras baru, yang kemudian dapat dirapikan dengan tanaman, pagar, dan sebagainya. HGTV memiliki referensi lebih dari 7.500 pohon, tanaman, bunga, semak dan pilihan groundcover serta tersedia berbagai item yang dapat mempercantik halaman rumah maupun bagian eksterior rumah.

  1. Virtual Architect Ultimate Home Design 7

Lebih dari 7.500 objek seperti furnitur, jendela penutup, lantai, perabotan, dan cat tersedia dalam software ini. Selain itu di dalamnya juga terdapat semacam tutorial yang memungkinkan Anda untuk belajar tentang desain rumah, mulai dari bagian interior hingga eksterior. Melalui software ini dapat membantu Anda memperkirakan harga dan bahan yang akan digunakan untuk membangun project desain yang sudah Anda rancang.

  1. Total 3D Home Design Deluxe 11

Dilengkapi dengan berbagai item seperti perabotan dan furnitur membuat Anda lebih mudah untuk mengkustomisasi ruangan serta halaman rumah Anda menjadi lebih indah. Software ini juga cukup ramah bagi pemula yang masih awam dalam bidang desain, karena di dalamnya berisi berbagai fitur yang akan membimbingmu untuk memiliki hunian yang indah. Salah satu fitur terbaiknya adalah smartroom blok yang memungkinkan Anda untuk mengubah ruangan atau kamar menjadi lebih indah dalam waktu sekejap.

  1. Punch Home & Landscape Design Premium 19

Salah satu keunggulan software ini adalah berkat adanya fitur yang dapat membantu Anda mewujudkan desain rumah secara virtual, didukung dengan visualisasi 2D maupun 3D serta perkiraan biaya serta bahan yang akan digunakan untuk membangun desain yang sudah Anda rancang. Dukungan lebih dari 4.700 objek berupa, furnitur, perabotan, perlengkapan kamar mandi, pintu, peralatan, jendela, lampu, dan sebagainya. Anda bisa memulainya dengan memilih menu quickstart kemudian Anda akan menemukan langkah lebih lanjut memulai merancang desain rumah impian.

Itulah software desain rumah yang bisa Anda gunakan untuk mewujudkan hunian impian. Tak perlu skill yang hebat untuk mewujudkannya karena di dalam software tersebut berisi berbagai contoh serta rujukan yang dapat membimbing Anda dalam menciptakan hunian impian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *