Teknologi dan sosial media semakin maju dan sekarang kenyataannya adalah Anda bisa menjadi pengusaha dan memulai bisnis online kecil-kecilan walaupun hanya dari rumah.

Namun memang tidak mudah untuk memulai suatu bisnis kecil yang baru di tengah banyaknya pesaing dan penjual mungkin sudah besar namanya dan menawarkan produk atau layanan yang sama dengan bisnis Anda.

Tentunya Anda harus berani untuk mengambil resiko atau kegagalan yang akan dihadapi ketika ingin membangun sebuah bisnis online.

Cara Buka Bisnis Online

Melansir dari lifehack.org, berikut tips dan saran yang bisa Anda ikuti untuk memulai bisnis online agar bisa menjadi lebih baik dari pesaing yang ada, yuk disimak

1. Pikirkan tentang apa yang Anda suka lakukan

Mulailah suatu bisnis dari apa yang Anda sukai dan nikmati. Jika Anda menikmati melakukan sesuatu dan berpikir bahwa produk atau layanan yang diberikan bisa menjadi sesuatu yang dibutuhkan atau disukai masyarakat, maka cobalah!

Anda dapat memulai dari membuat blog, stius web atau bahkan memulai bisnis Anda sendiri. Tentunya saat ingin memulainya perlu untuk mengambil risiko dan keputusan serta belajar dari kegagalan.

2. Identifikasi kebutuhan konsumen

Ini penting untuk dilakukan, karena Anda tidak dapat memulai bisnis tanpa terlebih dahulu menjelajahi apa yang sudah ada di pasar dan mempertimbangkan kebutuhan lokal.

Anda perlu tahu secara spesifik apa yang dicari orang atau apa yang berguna bagi mereka. Anda dapat dengan mudah memulai penelitian melalui internet di forum, situs web, atau artikel berita dan mengidentifikasi masalah, kesukaan atau kebutuhan orang lain.

3. Buat rencana pemasaran dan sumber daya yang baik

Tentunya Anda memerlukan sumber daya untuk pemasaran dan pengembangan. Anda dapat mulai membuat dan mengelola jaringan sosial bisnis termasuk memposting beberapa informasi dan artikel yang berguna, fotografi produk yang bagus dan berinteraksi dengan audiens Anda.

Jika Anda ingin mengambil Langkah selanjutnya, dapat mulai mencari strategi dengan membuat kampanye pemasaran melalui email.

4. Bekerja keras dan kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang dapat dipercaya

Memulai bisnis baru tidaklah mudah dan Anda pasti tidak akan dapat melakukan seluruh proses dan bekerja secara sendiri. Anda perlu menemukan rekan kerja, mitra atau investor yang tepat. Lebih baik mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang Anda kenal.

5. Selamat menikmati dan bersenang-senang

Anda mungkin berpikir bahwa dengan semua tanggung jawab, stress dan proyek baru, hal terkahir yang akan Anda lakukan adalah bersenang-senang. Bersenang-senanglah dengan apa yang sudah Anda kerjakan dan perjuangkan dalam memulai suatu bisnis yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *