Sign in / Join

Cara kerja dan konsep IKEA yang memasuki Indonesia

72
0
Share:
IKEA

Apakah Anda tahu tentang IKEA?, sebelum membahas lebih dalam simak ulasan berikut, IKEA telah melambungkan namanya ke berbagai kota di banyak negara di seluruh penjuru dunia. Setidaknya, menurut data yang diambil pada musim dingin 2004, terdapat 364 toko IKEA yang berdiri di 46 negara. Bahkan, di akun media sosial Facebook, penggemarnya sudah tercatat mencapai puluhan ribu. Banyak orang tahu dan kenal dengan produk-produk IKEA. Namun, di balik itu semua, ternyata ada fakta-fakta unik dan menarik yang jarang diketahui orang.

Ikea adalah sebuah peritel perabot untuk rumah tangga dari Swedia. Pada musim dingin 2004, terdapat 364 toko IKEA di 46 negara di berbagai belahan dunia. Katalog IKEA yang berisi info produk IKEA diperkirakan adalah buku yang
pendistribusiannya kedua terluas dan biasanya diperbaharui tiap Agustus. Pada tanggal 15 Oktober 2014, Hero Supermarket, pemegang lisensi IKEA di Indonesia telah membuka gerai pertama IKEA di Alam Sutera, Tangerang, Banten, Indonesia.

IKEA Alam Sutera merupakan toko ke-364 dan yang paling baru dari 46 negara di dunia. Gerai IKEA merupakan satu-satunya gerai IKEA di Indonesia, dan juga terdapat Distribution Point IKEA di seluruh Indonesia. IKEA juga sudah menjalin kerja sama dengan industri lokal di Solo, Jawa Tengah dengan mengambil bahan baku dan pengrajin di Solo dan Yogyakarta.

Produk-produk lokal tersebut akan dipasarkan IKEA ke pasar internasional. Perusahaan ini didirikan Ingvar Kamprad pada 1943 saat ia berusia 17 tahun yang sekarang sudah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. IKEA adalah singkatan dari namanya, Ingvar Kamvrad; tempat ia dilahirkan Elmtaryd dan desanya, Agunnaryd. Produk IKEA dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh. Biasanya, toko IKEA terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer dan market-hall di atas dan gudang di bawah.

Selain itu di toko IKEA sendiri terdapat pula restoran yang menjual makanan Swedia termasuk Bakso Swedia. Biasanya, toko IKEA terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer dan market-hall di atas dan gudang di bawah. Selain itu di toko IKEA sendiri terdapat pula restoran yang menjual makanan Swedia termasuk Bakso Swedia.

Fakta IKEA

1. Mulanya dari kado yang berisi uang.

Pendiri IKEA, Ingvar Kamprad, pada 1943 menerima kado dari ayahnya saat usianya 17 tahun. Ia mendapat hadiah karena
prestasinya bagus di sekolah. Dengan uang itu, ia membeli pulpen, dompet, bingkai foto, hingga jam tangan. Lalu ia menjualnya. Dulu, pada 1948, IKEA menjual barang-barang itu.

Perabotan mulai masuk ke dalam daftar pada 1947 dan IKEA mulai merancang sendiri pada 1955. Penjualan pada mulanya
dilakukan melalui pos dan kemudian, sebuah toko dibuka di Älmhult yang kemudian menjadi model toko IKEA untuk selanjutnya. Pada 23 Maret 1963, toko IKEA pertama di luar Swedia dibuka di Asker, dekat Oslo, Norwegia.

2. IKEA adalah singkatan dari nama si pemilik.
Huruf “I” dan “K” dari IKEA diambil dari inisial nama pemilik. Sedangkan huruf “E” dan “A” adalah inisial dari desa
tempat ia dibesarkan: Elmtaryd dan Agunnaryd. Jadilah nama perusahaan itu IKEA.

3. Iklan pertama IKEA menampilkan dua model laki-laki
Pada 1994, iklan IKEA pertama di Amerika Serikat menampilkan dua model laki-laik. Mereka diceritakan sedang berbelanja
di IKEA. Barang yang disorot dalam iklan itu adalah meja makan.

4. IKEA di Tiongkok mempersilahkan pengunjungnya untuk tidur siang.
engunjung diperbolehkan merasakan sensasi tidur siang di atas ranjang yang di-display di sebuah store IKEA di Tiongkok. Jarang-jarang ada toko yang melakukan hal ini.

5. Tata letak yang membingungkan dan membuat pengunjung terperangkap adalah strategi toko.

Siapa pun yang berbelanja di IKEA pasti akan melewati lorong-lorong yang membingungkan. Ini strategi toko. Menurut peneliti dari University College London, rute yang membuat pengunjung bingung ini berhasil mengalihkan perhatian mereka dan merangkap pelanggan di toko. Ini akan membuat pembeli impulsif, yakni memberi barang tanpa berpikir panjang.

6. IKEA terbesar terdapat di Korea Selatan.
KEA membuka toko terbesar mereka di Korea Selatan pada 2014. Luasnya mencapai 60 ribu meter persegi. Terbayang mau ngapain aja di sana?

7. Produk-produk IKEA namanya tidak keren karena pemiliknya disleksia.

Tak ada nama khusus untuk perabot-perabot yang dijual di IKEA. Semuanya memiliki nama yang sederhana, bahkan terdengar tidak keren. Mengapa? Karena si pemilik disleksia. Itulah sebabnya ia merasa lebih mudah menggunakan kata benda yang akrab didengar, bukan nama yang unik.

8. Orang bisa menikah di IKEA.
Lebih dari satu kali pernikahan pernah digelar di IKEA. Di Sydney, pasangan memenangkan kompetisi menikah di IKEA. Di New Jersey pun begitu. Dua karyawan menikah di toko tersebut pada 2005.

Konsep IKea

– Melakukan dengan cara berbeda
IKea secara terus menerus bertanya: Apakah ada cara yang lebih baik? Begitulah perabot rumah IKEA menawarkan sesuatu yang selalu unik dan bagaimana kita mencoba untuk membuat kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang.

– IDE Untuk banyak orang
Konsep IKEA dimulai dengan ide menyediakan berbagai produk perabotan rumah yang terjangkau bukan hanya untuk beberapa orang tapi bagi banyak orang. Hal ini dicapai dengan menggabungkan fungsi, kualitas, desain dan nilai – selalu dengan pemikiran kesinambungan. Konsep IKEA ada di setiap bagian dari perusahaan kami, dari desain, sumber daya, pengepakan dan distribusi melalui model bisnis kami. Tujuan kami adalah untuk membantu lebih banyak orang menjalani kehidupan yang lebih baik di rumah.

– Membawa konsep IKEA ke dalam kehidupan
Konsep IKEA hidup dalam banyak cara: Melalui toko kami di seluruh dunia, dalam katalog IKEA, melalui situs dan aplikasi, dan yang paling penting dalam jutaan rumah di seluruh dunia.

– Cerita di balik nama
Nama IKEA merupakan kombinasi inisial dari penemu IKEA founder, Ingvar Kamprad, (IK) dengan huruf pertama dari nama-nama pertanian dan desa tempat ia dibesarkan- Elmtaryd dan Agunnaryd (EA). Logo IKEA hampir tidak berubah selama sejarah perusahaan dan versi tahun 1967 tetap menjadi simbol yang konsisten dari bisnis IKEA.

– Bersama-sama kita menghemat uang
Pelanggan IKEA memainkan peran yang paling penting dari apa yang kami sebut proses democratic design: Kami mengerjakan bagian kami, Anda mengerjakan bagian Anda, bersama-sama kita menghemat uang. Pelanggan terlibat dalam banyak cara – perakitan produk pak datar (pertama kali digunakan 60 tahun yang lalu untuk LÖVET meja), memiliki pendekatan lingkungan yang baik di rumah dan beberapa yang memberikan tanggapan.

– LOKASI DI SELURUH DUNIA
Mencapai lebih banyak orang, setiap tahun ada toko baru IKEA di seluruh dunia. Untuk melihat lokasi kami saat ini dan mendapatkan informasi terbaru tentang toko berikutnya yang akan buka.

– STRUKTUR WARALABA
Memelihara Konsep IKEA
Pada awal 1980-an – dengan toko IKEA di 20 negara dan semakin banyak – pendiri IKEA, Ingvar Kamprad, menyadari bahwa ia harus melindungi Konsep unik IKEA Konsep sebagai bagian dari pertumbuhan perusahaan. Dia ingin kebebasan total dan struktur kepemilikan jangka panjang, sehingga pasar saham bukanlah pilihan. Ditambah, ia percaya bahwa semua perusahaan yang beroperasi di bawah merek IKEA harus membangun sumber daya sebelum mereka bisa berkembang.
Sehingga, dibuat sistem waralaba IKEA. Kini, semua toko IKEA (kecuali toko IKEA Delft di Belanda, yang dimiliki oleh sistem B.V. Inter IKEA.) beroperasi di bawah perjanjian waralaba. Sistem B.V. Inter IKEA adalah pemilik dari konsep IKEA dan waralaba IKEA di seluruh dunia.

Bagaimana IKEA masuk ke indonesia

Dikutip dari Tempo,co. Raksasa mebel asal Swedia, Inter IKEA Systems B.V., menggandeng PT Hero Supermarket Tbk untuk mengembangkan bisnis waralaba mereka di Indonesia.

Perjanjian di antara kedua perusahaan telah diteken pada 22 Maret lalu. Melalui perjanjian itu, IKEA memberikan hak dan kewajiban kepada Hero untuk membuka dan mengoperasikan toko IKEA di Indonesia.

Hero diwajibkan mengikuti sejumlah prosedur, antara lain mendapatkan izin dari pemerintah serta memperoleh persetujuan IKEA atas setiap toko yang dibuka. “Selain itu, Hero diminta menandatangani perjanjian waralaba untuk setiap toko,” kata direksi Hero melalui penjelasan tertulis kepada Bursa Efek Indonesia, Senin 26 Maret 2012.

Persyaratan berikutnya, Hero harus mendirikan toko IKEA dalam jumlah yang disepakati. Batas waktu yang diberikan IKEA adalah selama 2014-2021.

Meski volume perdagangan hanya 19 lot, saham HERO naik 1.500 poin (8,38 persen) ke level Rp 19.400 per saham.

Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo), Ambar Cahyono, menuturkan semangat para perajin lokal tak surut menjawab tantangan IKEA. “Saat-saat seperti ini pasti terjadi,” ujarnya.

Ambar mengungkapkan Indonesia sudah menjadi bagian dari pasar global, sehingga masuknya produk luar tidak dapat dihindari. Apalagi banyak investor yang menganggap perekonomian Indonesia stabil.

Menurut dia, IKEA, yang memiliki target pasar menengah ke bawah menjadi ancaman bagi merek yang memiliki target serupa seperti Olympic. Walau begitu, Ambar optimistis industri mebel menengah dalam negeri tidak akan kalah. “Justru ini menjadi cambuk agar produk kami bisa berkembang lebih baik. Jadi kami tidak takut.”

Selain menjadi pesaing, ada hal positif dari IKEA. Misalnya, IKEA akan membuka lapangan pekerjaan dengan mengambil bahan baku serta perajin dari Indonesia. Pabrik IKEA terbesar akan dibangun di Solo.

Kesimpulan : Bisnis dimulai dari hal terkecil sekalipun, tanpa Anda sadari waktu terus berjalan dan perusahaan IKEA telah memiliki cabang dari belahan dunia termasuk Indonesia. Apakah kita hanya sebagai penonton saja, atau bergabung didalamnya, atau bahkan Anda memulai membuat bisnis hari ini.

Sekian tulisan dari kami yang membahas tentang cara kerja dan konsep IKEA yang memasuki Indonesia semoga tulisan ini bermanfaat dan sukses untuk para pembaca.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/IKEA
https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/francisca-christy/fakta-dari-toko-ikea
https://bisnis.tempo.co/read/392725/ikea-bersiap-masuk-ke-indonesia/full&view=ok

Share: