Membuat denah rumah tidak semudah membalikkan tangan, banyak hal-hal dasar yang perlu diketahui. Dijaman modern seperti sekarang ini, orang bisa belajar apapun yang ingin mengetahui atau hanya sekedar hobi.

Sebelum kita membahas lebih dalam, apa sebenarnya arti rumah itu sendiri?, dikutip dari 

Memahami cara membuat denah rumah bisa membantumu merealisasikan rumah impianmu menjadi kenyataan dengan lebih presisi.  mari kita bahas cara membuat denah rumah yang bisa dilakukan dirumah.

Anda bisa mengetahui tahapan dasar  cara membuat denah rumah yang umumnya digunakan para arsitek dan desainer? Simak ulasan sederhana mengenai cara membuat denah rumah dasar berikut!

1. Mulai Cara Membuat Denah Rumah dari Daftar Aktivitas dan Kebutuhan Ruang

denah-rumah-dasar

Langkah pertama cara membuat denah rumah adalah dengan membuat daftar berbagai aktivitas kegiatan dari setiap penghuni yang akan menghuni rumah tersebut, mulai dari aktivitas pendukung hingga aktivitas utama.

Setelah Anda mengetahui aktivitas setiap penghuni, kita menentukan kebutuhan ruang apa saja yang diperlukan untuk mengakomodir berbagai aktivitas tersebut. Dalam tahapan cara membuat denah rumah, Anda bisa saja mengeliminasi atau menggabungkan beberapa fungsi dan aktivitas jika diperlukan untuk efisiensi tata letak dari denah rumah.

2. Pelajari dan Riset Mengenai Standar serta Kebutuhan dari Setiap Ruang

Kebutuhan-Denah-Rumah

Kini Anda sudah mengantongi berbagai kebutuhan ruang interior rumah, cara membuat denah rumah selanjutnya adalah riset mengenai kebutuhan ruang tersebut. Bisa dimulai dari ukuran standar dari setiap ruang, hingga berbagai kebutuhan dasar dari ruangan seperti apakah ruang membutuhkan jendela besar atau tida,  Anda harus ketahui agar denah rumah bisa diaplikasikan sesuai fungsi sebenarnya.

Cara membuat denah rumah ini penting untuk memastikan setiap penempatan ruang di denah tidak mengganggu dan sesuai dengan standar tersebut.

3. Mulai Buat Korelasi akan Setiap Ruang dan Penempatannya

denah-korelasi-ruang

Langkah selanjutnya dalam bahasan cara membuat denah rumah adalah menghubungkan kebutuhan ruang tersebut satu sama lain. Misalnya ruang kamar tidur erat dengan kamar mandi sehingga harus berdekatan, ruang makan erat dengan dapur dan juga ruang keluarga.

Setelah itu, cara membuat denah rumah selanjutnya adalah memberikan zona pada denah rumah yang hubungan antar ruang tersebut. Bagian mana sajakah yang merupakan area privat, publik dan servis. Pastikan setiap zona tidak saling overlap dan mengganggu kenyamanan satu sama lain.

4. Ubah Zona dan Diagram menjadi Denah Dasar

Desain-rumah-zonasi
researchgate.net

Langkah selanjutnya dari cara membuat denah rumah adalah dengan menerjemahkan zona dan diagram hubungan antar ruang tersebut menjadi sebuah denah dasar. Bagian-bagian dari denah mungkin hanya berupa garis-garis sederhana untuk menggambarkan seperti apa denah rumah impian nantinya.

5. Cara Membuat Denah Rumah dengan Beberapa Alternatif

alternatif-denah-rumah

Salah satu cara membuat denah rumah yang pasti harus Anda lewati adalah mencoba berbagai alternatif denah. Denah dasar yang telah Anda buat sebelumnya perlu Anda otak-atik guna hadirkan kemungkinan denah rumah lainnya, hal ini dilakukan agar denah rumah bisa lebih detailing dan lebih spesifik.

Cara membuat denah rumah dengan berbagai alternatif ini akan membantu Anda mendapatkan denah rumah terbaik sehingga langkah dalam cara membuat denah rumah ini bisa berjalan sesuai keinginan dan realistis.

6. Perdetail Denah dengan Notasi, Ukuran, dan Detail Arsitektural Lainnya

detailing-denah-rumah

Setelah temukan alternatif denah terbaik, langkah dalam cara membuat denah rumah terakhir adalah dengan memberikan detail-detail pada denah rumah tersebut.

Langkah terakhir dalam bahasan cara membuat denah rumah satu ini meliputi notasi yang sesuai dengan bahasa arsitektur seperti ketebalan dinding, simbol-simbol material, lambang bukaan pintu dan jendela rumah serta hal sejenisnya. Ukuran seperti dimensi ruangan dan ketinggian lantai juga bisa Anda lengkapi beserta detail-detail arsitektural lainnya.

Jika Anda sudah berhasil membuat denah rumah, Anda memiliki sebuah denah rumah yang komplit dan siap digunakan. Meskipun memiliki proses panjang, cara membuat denah rumah ini bisa dipelajari dan dilakukan oleh siapa saja.

Kesimpulan : Gunakan imajinasi dan kreatifitas Anda untuk membuat denah rumah, agar denah rumah Anda lebih maksimal dan realistis.

Dengan memahami cara membuat denah rumah, tak hanya lebih mudah untuk menvisualisasikan ide serta kebutuhan, memahami cara membuat denah rumah juga mempermudah dalam berkomunikasi dengan arsitek dan juga desainer yang jasanya Anda gunakan untuk mewujudkan rumah impianmu kelak.