Saya akan berbagi cara membuat rumah miniatur dari kardus, sebenarnya ada banyak sekali kerajinan tangan dari kardus yang bisa anda buat, salah satunya adalah membuat rumah dari kardus. Biasanya dalam membuat miniatur rumah dari kardus, hanya digunakan sebagai alat bantu untuk hiasan atau sebagai rumah kucing, bahkan mungkin sebagai bahan tugas sekolah saja.

Rumah miniatur bisa kita buat di rumah bersama teman-teman maupun sendirian. Kita juga bisa membuat kreasi dari bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar kita. Kardus yang sudah tidak terpakai ini bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan yang lucu dan unik.

Dari pada kita membuang kardus bekas. Alangkah kreatifnya jika kita bisa mengubah barang bekas menjadi kerajinan tangan. Yang memiliki nilai jual tinggi dan dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bermanfaat dan dapat berguna seperti kerajinan tangan.

Baca Juga: Cara membuat rumah miniatur untuk tugas sekolah

Sekarang kita butuhkan alat dan bahan untuk membuat kerajinan seperti rumah miniatur yang menggunakan kardus bekas
atau menggunakan yellow board, saya menggunakan kardus sisa yang ada di rumah, dengan ketebalan 5mm. Agar tidak membuang-buang waktu langsung saja.
Alat dan bahan yang harus disiapkan :
1. Kardus/yellow board bekas
2. Cutter dan penggaris
3. Lem UHU
4. Cat akrilik maupun cat poster. Cukup dengan 5 warna dasar: merah, kuning, biru, hitam, dan putih. Dengan warna dasar ini kita bisa mencampur sesuai warna yang diinginkan.
5. Cat poster warna emas (gold), untuk aksen saja
6. Kuas lukis
7. Pola rumah-rumahan
CARA MEMBUAT RUMAH-RUMAHAN DARI KARDUS BEKAS
Kumpulkan semua alat dan bahan sudah siap, mari kita berkreasi.
1. Print gambar pola rumah-rumahan. Kemudian potong sesuai pola.

pola rumah kardus

2. Potong kardus sesuai dengan pola kertas yang sudah dipotong tadi. Bisa dengan menempelkan portongan kertas dengan setitik lem. Bisa juga digambar ulang dengan cara menjiplaknya.

3. Kemudian mari kita rekatkan dengan lem UHU. Saya menggunakan lem UHU yang cair (kemasan tube), kalau pakai lem UHU yang stik sepertinya kurang kuat daya lengketnya.

4. Daaann… tiba saatnya bagian yang paling menyenangkan, MEWARNAI! Dengan menggunakan lima warna dasar (merah, kuning, biru, hitam, dan putih) kita bisa bereksperimen dengan mencampurkan warnanya. Misal kuning dan biru menjadi hijau, merah dan kuning menjadi orange. Ingin warna lebih gelap tinggal ditambah warna hitam. Ingin warna lebih muda silakan ditambah warna putih.


Silakan berekpresi dengan warna dan bentuk. Untuk bagian atap bisa diberi motif sisik ikan. Bagian dinding bisa diberi garis-garis emas. Jangan lupa juga gambar pintu dan jendela.

Oke, kita sudahi dulu mainan kita kali ini. Rumah miniatur ini bisa kita pajang di kamar tidur anak. Selamat bersenang-senang dan happy crafting!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *