Kami belajar menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai untuk membangun rumah miniatur. Meskipun orang berpikir bahwa rumah minatur adalah bangunan termudah, bukan berarti rumah miniatur hanya digunakan untuk mainan ringan atau objek lain yang tidak memerlukan banyak beban yang berat, akan tetapi rumah miniatur adalah seni yang tidak terlupakan.

Kita bisa buat beberapa komponen seperti jendela dan pintu sesuai kebutuhan rumah miniatur yang akan kamu buat. Rumah miniatur dibuat sedemikian rupa dengan struktur lebih ringan dan mudah dibongkar untuk keperluan, seperti merubah rumah miniatur atau memodifikasinya dikemudian hari.

Perhatikan juga pada cat rumah miniatur Kamu. Kamu bisa menggunakan warna cat sesuai dengan tema yang akan dibuat. Kamu bisa menggunakan paduan warna-warna primer atau sekunder agar terlihat lebih hidup.
Kamu juga bisa menggunakan gabus untuk bagian indoor dan outdoor yang dapat memberi dukungan tampilan yang lebih berkesan.

Baca Juga : Cara membuat rumah miniatur dari kardus, simple!!!

Ada beberapa rumah miniatur menggunakan stik eskrim yang dibuat seperti kayu berlapis. Stik eskrim baik untuk membuat rumah miniatur akan tetapi membutuhkan lebih banyak dalam pekerjaan finishing.
Mari kita mulai membuat salah satu rumah miniatur.

Menyiapkan Alat dan Bahan Pembuatan Rumah Miniatur

rumah miniatur
Via duduul.com

1.Kita bisa menggunakan kardus sebagai bahan utama, cari kardus yang tak terpakai di sekitar lingkungan Kamu atau Kamu bisa membelinya di toko sembako yang ada di lingkungan Kamu.
2.Pilih pisau cutter yang tajam, sehingga hasil potongan yang dihasilkan rapi.
3.Kita butuh penggaris, kalau Kamu mempunyai penggaris siku itu bagus untuk digunakan.
4.Gunakan pensil agar lebih mudah dihapus jika terjadi kesalahan.
5.Kita perlu juga penghapus.
6.Plastik transparan. Bahan ini opsional, karena nanti akan kita gunakan sebagai penutup jendela rumah.
7.Lem Kayu atau lem kastol.

Setelah menyiapkan segala bahan dan peralatan yang tertera di atas. Kita lanjutkan pada tahap pembuatannya berikut ini :

Persiapan Desain Rumah Miniatur

desain rumah miniatur
Via fimell.com

Diawal, kita akan membuat pola rumah miniatur dari kardus yang akan kita buat. Kamu bisa mencontoh denah rumah yang kamu tempati saat ini atau juga bisa mencontoh gambar di atas. Kamu juga bisa mencari denah rumah di internet untuk referensi denahnya. Setelah mendapatkan desain rumah miniatur. Sekarang kita coba menggambar desain yang telah kita punya tersebut pada papan kardus.

Usahakan gambar diletakkan ditengah bagian kardus. Lalu ukurlah panjang dan lebar di setiap ruangan dengan perbandingannya yang sama agar lebih mudah dalam pemasangan komponen yang lain.

Pembuatan Dinding Rumah Miniatur.

dinding miniatur
Via ehow.com

Sekarang kita lanjut ke pembuatan dinding rumah miniatur. Tentukan ukuran panjang dari potongan kardus untuk tiap dinding sama sesuai yang dibutuhkan pada denah. Untuk tinggi dinding, sesuaikan dengan lebar denah yang telah kamu gambar agar tidak terjadi ketimpangan bentuk antara luas rumah dengan tinggi rumah nantinya.

dinding miniatur2
Via obatrindu.com

Saat memotong kardus dinding rumah tersebut, jangan lupa juga untuk menggunakan pisau cutter Kamu yang tajam. Agar hasil pemotongan bagus dan tidak ada pelekatan antara bagian ruang nantinya menjadi lebih mudah.

Perekatan Bahan Antar Dinding
Setelah bahan yang digunakan sebagai dinding miniatur selesai dipotong, sekarang kita akan merekatkan semua bagian tersebut menjadi satu denah utuh untuk dindingnya saja. Gunakan lem kayu yang sudah kamu sediakan lalu oles pada setiap tepian kardus yang akan digabungkan.

perekatan dinding miniatur
Via ehow.com

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan ketelitian dan kerapihan. Karena dengan pemasangan yang benar dan juga rapi, akan memberikan keseimbangan antar ruangan yang diciptakan nantinya.

Pembuatan Jendela dan Pintu

pembuatan jendela

Setelah bagian dinding semua terekat dengan baik, kita beranjak ke pembuatan jendela dan pintu untuk rumah miniatur. Bagian ini sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan, terutama bagi pemula. Namun jangan khawatir, tetap hati-hati dan teliti dalam membuatnya akan memberikan hasil yang lebih baik.
Untuk jendela, silahkan potong plastik transparan yang telah disediakan tadi. Buat sesuai ukuran plastik dengan jendela yang ada pada dinding kardus rumah miniatur yang telah dibuat tadi.

Kemudian, kamu bisa rekatkan plastik pada jendela yang ada dengan hati-hati. Dengan pemasangan plastik ini, efek kaca untuk rumah akan terlihat nyata.
Beralih ke pemasangan pintu untuk rumah miniatur. Silahkan kamu potong kardus yang tersisa sesuai dengan ukuran pintu yang ada pada rumah miniatur yang kalian buat.
Oleskan lem kayu pada tepian kardus pada pintu, tetapi cukup hanya pada satu sisi saja. Agar tetap nampak seperti pintu yang bisa dibuka dan ditutup.

Proses Pembuatan Atap Rumah Miniatur

Via pinterest.com

Saat ini, kita menuju ke proses pembuatan atap rumah miniatur. Menurut saya, ini adalah proses yang paling mudah untuk dilakukan, bahkan oleh kita para pemula yang baru membuatnya. Karena sistemnya seperti membuat buku yang unik dan terbalik dalam pembuatan efek gentingnya.

Kamu tinggal memakai bagian dalam kardus sebagai atap luar, jika kita lihat di kertas kardus yang tebal, di dalamnya ada bagian yang bergerigi. Kalian bisa menggunakan itu sebagai efek genting yang ada.
Atau jika kesulitan, kalian bisa menambahkan kertas tipis yang dilipat-lipat kecil lalu ditempelkan pada lapisan atap rumah dari kardus tadi. Maka jadilah atap dengan efek genting yang nyata.

Satu lagi yang perlu di ingat. Kamu bisa buat bagian atap ini dengan menjadikan atap agar tetap bisa dibuka tutup kapanpun kita mau alias tidak permanen. Tidak perlu dilekatkan pada dinding rumah yang telah kita buat.

Tahap Terakhir Pembuatan Rumah Miniatur
Sampai disini lihatlah kita sudah membuat sebuah karya seni rupa tiga dimensi sederhana berupa rumah miniatur dari bahan kardus.

Tetapi proses ini masih belum selesai sampai disini saja. Jika ingin tampil lebih menarik, kalian bisa menambahkan dekorasi dan aksesoris tambahan untuk rumah miniatur Kamu.

Seperti inilah kegunaan atap yang tidak permanen dari rumah miniatur minimalis. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris tambahan seperti kursi, meja, tempat tidur, dan lain-lain ke dalam rumah miniatur kapanpun kita mau.
Dan bukan hanya di dalam rumah miniatur saja, kalian bisa menambahkan aksesoris di sekitar rumah miniatur ini agar lebih indah dari luar dan mempunyai nilai jual lebih jika Kamu ingin menjualnya di pasaran.
Kesimpulan :

Ini salah satu cara membuat rumah miniatur dari kardus ini yang masih tergolong sederhana, karena ada pula cara lain untuk membuat rumah miniatur yang lebih sulit tentunya dengan detail yang sangat banyak. Selain itu di sini sangat diperlukan sebuah kreativitas yang tinggi untuk membuat dan menciptakan hasil miniatur yang mengesankan. Oya, untuk aksen lain kita juga bisa menggunakan alumunium foil untuk menambah kesan tertentu.
Demikian bahasan artikel pada kali ini mengenai bagaimana cara membuat rumah miniatur bekas yang memiliki nilai seni tinggi. Selamat mencoba ya, semoga berhasil.

One thought on “Cara membuat rumah miniatur untuk tugas sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *