Hadirnya gaya mendesain rumah minimalis masyarakat modern yaitu desain rumah minimalis, desain yang dibuat sesuai kebutuhan dan budget sesui kantong. Desain rumah minimalis mampu mengatasi semua kebutuhan ruang secara sederhana dan modern.

Mendesain rumah tidak harus tertuju pada kesederhanaan, tetapi memaksimalkan semua elemen dari insterior dan eksterior agar penghuninya tetap nyaman dan ruangan dibuat sesuai fungsinya. Intinya, mendesain rumah yang baik adalah menggunakan semua elemen yang ada dan lahan terbatas menjadi rumah yang lebih hidup.

Seperti apa mendesain rumah yang baik? Konsep yang harus dipegang adalah ruangan minimalis tidak harus banyak barang. Setiap ruangan harus benar-benar berfungsi dengan baik dan bisa mutifungsi.

Berikut adalah beberapa yang bisa anda lakukan saat mendesain rumah minimalis.

  1. Bentuk dasar geometris

Denah rumah minimalis kerapkali mengoptimalkan bentuk-bentuk dasar geometris. Tidak ada hiasan dan penambahan bentuk yang tidak perlu. Tampilan bangunan secara keseluruhan lebih murni dan lebih minimal dengan bentuk-bentuk geometri yang lebih ‘simple’.  Setiap bentuk yang ada menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional.

Baca Juga : Desain rumah tingkat modern ini yang cocok di masa depan

Kita hraus perhatikan juga bentuk dari denah rumah, bentuk massa bangunan, bentuk pintu, dan deret jendela yang kotak-kotak, mendominasi desain rumah minimalis.

  1. Kesederhanaan yang dinamis

Setiap bentuk fungsional yang ada dipadukan dan dikombinasikan dengan harmonis untuk menciptakan kedinamisan. Anda bisa memanfaatkan bentuk-bentuk dasar geometris dengan bahan-bahan sederhana, namun denah rumah minimalis mampu tampil dinamis dengan pengulangan struktur sebagai ciri khasnya.

  1. Kesederhanaan yang indah dalam kesenggangan ekstrem

Ruang-ruang dalam desain minimalis sengaja diciptakan ‘kosong’ dan ‘senggang’ untuk mengapresiasi keindahan dari kesederhanaan elemen ruang yang ingin dijadikan ‘point of interest’. Bagian kamar mandi di Private Residence Spring Hill mempunyai layout rak susun segitiga dan taman di luar sebagai ‘point of interest’.

  1. Meniadakan dinding dan batasan ruang yang tidak perlu

Desain minimalis yang sengaja menghilangkan dinding pembatas antar ruang yang bisa disatukan fungsinya atau yang saling berkesinambungan. Keterbukaan hubungan antar ruang lebih diutamakan. Keterbukaan desain rumah antara interior dan eksterior juga sangat kuat untuk menciptakan kedekatan ruang di dalam rumah dan area di sekelilingnya.

  1. Dominasi garis vertikal dan horizontal

Garis vertikal dan horizontal sebagai bentuk dasar dua dimensi dan tiga dimensi, tampak pada hampir keseluruhan desain minimalis. Mulai dari bentuk massa bangunan, façade, pola ruang, bentuk ruang, desain furnitur, hingga ekspos strukturalnya.

  1. Layout dari permainan geometri dibuat dengan warna monokrom yang senada

Permainan geometri dibuat dengan dominasi garis vertikal dan horizontal diperkuat dengan warna monokrom seperti putih, hitam, dan abu-abu untuk memperkuat karakter desain minimalis. Warna-warna dengan monokrom ini mewakili konsep kesederhanaan yang mendasari warna cat rumah minimalis.

  1. Sedikit ornamen bahkan tidak sama sekali

baca Juga : Desain rumah tingkat minimalis ini cocok untuk referensi Anda

Keberadaan setiap elemen ditujukan untuk menampilkan esensi kesederhanaan yang berkualitas di dalam pemanfaatan bentuk dan bahan yang sederhana. Setiap ornamen yang ada benar-benar fungsional untuk menunjukkan ide kebebasan dan nilai-nilai dasar kenyamanan hidup. Ornamen-ornamen itu pun bukan hanya untuk estetika semata, tetapi untuk memperkuat karakter setiap elemen dan bahan pembentuknya.

  1. Memanfaatkan pencahayaan dengan optimal

Desain rumah minimalis yang sangat berkaitan dengan kesederhanaan yang fungsional, juga memperhatikan elemen pendukung abstrak yang tersedia di alam, seperti: pencahayaan alami, sirkulasi udara, keindahan kualitas ruang, dan keasrian alam sekitar.

Minimalis tidak berarti ‘sedikit’ , tetapi mengoptimalkan fungsi setiap elemen yang  diperlukan untuk mendapatkan keseluruhan kebutuhan dengan nyaman. Jadi, dapatkan desain rumah minimalis yang berkualitas, nyaman, bermanfaat optimal, dan elegan dengan menanamkan konsep ‘Simplicity for optimalism’.

Sesudah Anda memiliki denah rumah dasar dengan prinsip yang sudah buat sendiri, tentu akan memudahkan untuk mengimajinasikan seperti apa suasana serta bagian-bagian dari ruangan yang telah dibuat dengan konse yang Ada pada hunian impianmu kelak.

Selain itu, manfaatkan denah rumah ini untuk mempermudah arsitek atau desainer menvisualisasikan seperti apa ide dan keinginanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *