Banyak orang-orang yang kurang peduli akan hal ini, tak sadar jika mungkin makanan yang disimpan di balik tudung saji bisa saja sudah dicicipi oleh cicak. Anda pasti tidak mau dan tidak ingin hal tersebut terjadi pada anda? Supaya tidak mengganggu kenyamanan dirumah dan anggota keluarga. Dari sinilah kita akan mengulas tentang bagaimana cara mengusir cicak secara halus tanpa perlu marah-marah.

Belajar peduli mulai dari hal yang kecil sekalipun. Kita coba dari hal termudah dahulu mengenai cara untuk membasmi cicak. Yuk kita simak penjelasannya!

Cara Banyak cara untuk membasmi cicak, saya akan berikan contoh secara detail dan rinci, berikut ini penjelasannya:
1. Kurangi Populasi Nyamuk Yang Ada Dalam Rumah Anda
Binatang seperti nyamuk merupakan salah satu hewan yang menjadi santapan kesukaan cicak. Anda bisa bayangkan tentang banyaknya nyamuk di rumah anda, maka akan semakin banyak pula cicak yang akan mendatangi rumah anda.
Untuk itu sangat diperlukan kesadaran dari semua penghuni rumah untuk bisa peduli pada kebersihan lingkungan sekitar rumah. Bersihkan bagian-bagian rumah yang rentan digunakan sebagai sarang nyamuk dan tempat berkembang biaknya. Bersihkan tempat penampungan air dan saluran di sekitar rumah anda secara rutin, minimal satu minggu sekali.
Jangan lupa kuras bak mandi anda juga. Tutup penampungan air anda rapat-rapat. Dengan membersihkan tempat penamungan air, akan berpengaruh pada perkembang biakan nyamuk, pasti akan mampu menurunkan populasi cicak yang akan bermukim di rumah anda.
2. Gunakan Pelapis Dinding Yang Licin
Binatang cicak tergolong binatang merayap yang mengandalkan kekuatan daya lekat kakinya untuk bisa menempel di bagian dinding-dinding dalam upaya mencukupi kebutuhannya untuk memperoleh makanan guna bertahan hidup. Cicak hanya bisa menempel dan melekat pada permukaan yang bertekstur dan kasar. Cicak tidak bisa bertahan lama-lama pada permukaan yang licin. Kekurangan inilah yang bisa anda manfaatkan sebagai senjata ampuh dalam upaya mengusir cicak agar mereka pergi jauh-jauh dari rumah anda.
Gunakanlah bahan lapisan dinding di rumah anda yang mempunyai karakteristik licin. Misalnya saja anda bisa gunakan cat yang menimbulkan efek licin pada permukaan dinding rumah anda. Atau aplikasikan bahan keramik yang sudah jelas mempunyai permukaan licin. Bisa jadi cukup efektif dalam proses mencegah datang cicak. Pada umumnya rumah yang dindingnya menggunakan keramik, biasanya keberadaan cicak cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan rumah yang mengaplikasikan cat sebagai pelapis permukaan dindingnya.
3. Gunakan Karet Gelang Untuk Menembak Cicak
Binatang cicak akan cenderung berada di dinding bagian atas dan langit-langit rumah agar mereka bisa aman dari gangguan manusia. Anda bisa, manfaatkan karet gelang sebagai alat penembak cicak. Perlu diketahui, jangan lakukan penembakan terlalu keras, karena hal tersebut akan menghancurkan bagian tubuh dari cicak. Cukup arahkan perlahan tapi pasti, yaitu arahkan tembakan pada bagian tubuh cicak. Hal ini bertujuan untuk menimbulkan efek kejut bagi cicak sehingga cicak akan hilang keseimbangan dan akhirnya jatuh ke lantai. Setelah itu anda bisa menangkapnya untuk dibuang.
4. Pelihara Kucing Di Rumah
Selain memburu tikus, kucing juga suka menagkap cicak yang datang. Anda bisa juga memelihara beberapa kucing di rumah Anda untuk mengurangi bahkan membasmi cicak sampai tuntas. Si Kucing pun tidak akan memberikan kesempatan cicak untuk berkeliaran di area bawah rumah. Karena kucing sangat suka dengan hewan-hewan kecil yang biasa bergerak kesana-kemari untuk dijadikan bahan mainan.
5. Tutup Semua Area Ventilasi Dan Celah Pada Rumah Anda
Gunakan jaring-jaring ataupun kawat anti nyamuk untuk menutup semua ventilasi rumah anda. Pada bagian celah-celah kecil Anda bisa memanfaatkan alat perekat seperti solasi, double tape untuk menutupinya. Bagian Ventilasi dan celah kecil merupakan jalur yang digunakan oleh cicak sebagai akses keluar masuk rumah Anda. Dengan melakukan tindakan penutupan yang diharapkan akan mengurangi jumlah cicak yang masuk ke rumah, seringkali cicak juga terjebak pada celah-celah yang sudah ditutup. Dengan begitu Anda bisa mengambil cicak-cicak yang terjebak, kemudian membuangnya jauh-jauh agar tidak kembali kerumah Anda.
6. Gunakan AC Pada Ruangan Rumah Anda
Udara dan suhu yang terlalu dingin tidak disukai oleh cicak. Anda bisa menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan Anda agar cicak bisa jauh-jauh dari rumah Anda. Cicak adalah hewan berdarah panas, jadi AC sangat cocok digunakan sebagai alat yang cukup ampuh dalam proses mengusir cicak. Tapi walaupun demikian, AC bukan menjadi pilihan yang tepat bagi semua orang. Pasalnya untuk pemasangannya membutuhkan biaya yang tidak murah, belum lagi dihadapkan dengan konsumsi listriknya dan perawatannya. Hanya orang-orang tertentu saja yang mungkin bisa menggunakan cara ini.
7. Gunakan Tembakau Sebagai Bahan Pengusir Cicak
Tokek dan cicak adalah hewan yang sama-sama tidak suka dengan bau yang menyengat. Sering melihat tokek dan cicak terlihat mabuk jika berada dekat-dekat dengan tembakau. Tembakau salah satu bahan yang sudah terbukti ampuh saat digunakan dalam mengusir cicak. Anda bisa mengoleskan dan menaburkan di sudut-sudut ruangan yang menjadi tempat sembunyi cicak. Sehingga nantinya Anda tidak perlu khawatir karena cicak akan lari terbirit-birit dari rumah Anda.
8. Gunakan Bawang Merah, Bawang Putih Dan Merica
Selain tembakau yang mempunyai bau yang sangat menyengat, ternyata beberapa bumbu dapur juga bisa digunakan dalam upaya mengusir cicak. Bawang merah, bawang putih dan merica adalah bumbu dapur yang juga mengeluarkan bau yang menyengat seperti hal nya tembakau. Anda bisa mencoba haluskan ketiga bumbu dapur tersebut dengan menggunakan blender agar halus secara sempurna. Kemudian campurkan dengan air dan masukkan ke dalam botol penyemprot yang tidak terpakai. Anda bisa menyemprotkannya pada sudut-sudut ruangan yang menjadi tempat favorit cicak. Di jamin cicak akan merasa sangat tidak nyaman dan pada akhirnya akan menyerah dan pergi.
9. Gunakan Kapur Barus Untuk Mengusir Cicak
Anda bisa mencoba dengan kapur barus yang pada umumnya digunakan untuk meharumkan area dalam almari pakaian anda, ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengusir cicak. Aroma yang menyengat sangat ampuh digunakan dalam permasalahan ini. Ada dapat meletakkan atau menggantungkan di bagian-bagian sudut rumah anda.
10. Gunakan Obat Nyamuk Berbentuk Spray
Selain digunakan untuk mengusir nyamuk, obat nyamuk spray juga bisa digunakan dalam proses mengusir cicak. Kandungan pada obat nyamuk yang terdapat pada obat nyamuk spray akan membuat cicak mabuk ketika menghirupnya. Bau wangi dan menyengat yang ditimbulkan obat nyamuk juga sangat tidak disukai oleh cicak
11. Gunakan Larutan Air Sabun Atau Deterjen
Anda bisa lakukan hal yang cukup mudah, Anda bisa memanfaatkan campuran antar air dengan sabun atau deterjen. Masukkan larutan tersebut ke dalam botol penyemprot yang sudah tidak digunakan. Anda harus menyemprotkkannya langsung ke bagian tubuh cicak, terutama bagian mata. Mendekatlah perlahan-lahan agar cicak tidak lari, saat sudah sangat dekat langsung semprotkan berkali-kali sampai cicak mabuk dan pada akhirnya jatuh.
12. Membersihkan Kolong Meja dan Kursi
Hewan seperti cicak, sangat suka dengan makanan-makanan yang dimakan oleh manusia. Sisa-sisa makanan yang berjatuhan di lantai sangat rentan mengundang cicak untuk datang. Saran saya rajin-rajinlah membersihkan sisa-sisa makanan yang berjatuhan di kolong meja dan budayakan selalu membersihkan meja makan ketika selesai makan agar cicak tidak menghampiri meja makan dan mencicipi makanan anda.
13. Jebak Cicak Dengan Gelas Kaca
Anda juga bisa membuat jebakan menggunakan gelas kaca. Letakkan gelas kaca dalam posisi tidur. Masukkan beberapa makanan di dalam gelas tersebut sebagai pancingan. Setelah cicak menghampiri gelas dan menikmati makanan di dalam gelas, anda bisa langsung ambil gelas itu secara perlahan dan sigap langsung menutup gelas tersebut menggunakan tangan.
14. Dengan Bulu Burung Merak
Gunakan burung merak sebagai alat untuk mengusir cicak. Anda bisa mencoba dengan mengikat beberapa bulu burung merak dan menggantungkannya di beberapa bagian sudut rumah anda. Hal ini sangat efektif dalam upaya menakut-nakuti cicak karena bulu burung merak di anggap sebagai burung sungguhan yang nantinya di khawatirkan oleh cicak akan memangsa dirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *