Cara menjadi dropship sering sekali mengiringi kesuksesan seseorang yang bergerak dalam bidang penjualan secara online. Bisnis yang dapat anda lakukan dengan mudah ini memiliki langkah yang praktis sampai anda sukses menjalankannya.

Tentu, anda telah mendengar jika bisnis dropship ini tak membutuhkan modal yang banyak. Karena berjualan dengan cara online ini sangat efektif, apalagi bagi para pelajar atau mahasiswa yang ingin mencari tambahan pundi-pundi uang. Bahkan, bisnis dropship dapat berjalan, meskipun anda belum pernah melakukannya atau sebagai pemula.

Cara Menjadi Dropship

Sebelum mengetahui bagaimana cara menjalankan bisnis dropship, sebaiknya mengetahui dahulu tentang bisnis yang satu ini.

Dropship atau dropshipping adalah salah satu proses dari cara pengiriman barang yang langsung kepada pelanggan. Pengiriman yang terjadi adalah berasal dari vendor atau pihak ketiga.

Proses dari pengiriman ini tak menggunakan jasa perantara seperti menyimpan atau menimbun barang terlebih dahulu. Dalam kata lain, bisnis ini hampir sama dengan bisnis reseller, yang juga sudah pasti sering anda dengar.

Cara menjadi dropship, penjual tidak melakukan stok barang serta melakukan pengiriman kepada pembeli atau pemesan. Penjual hanya meneruskan pesanan dari pembeli ke supplier. Kemudian supplier akan mengirimkan barang kepada pembeli atau pemesan atas nama penjual.

Secara ringkas, misalkan anda sebagai penjual, maka anda tidak harus melakukan stok barang yang telah pelanggan anda pesan. Kemudian anda hanya harus meneruskan ke supplier anda. Sehingga, supplier akan mengirimkan barang pesanan atas nama anda. Jadi, anda tak perlu susah payah melakukan stok barang terlebih dahulu.

Bagi anda seorang droshipper, maka anda hanya memerlukan modal kuota internet tanpa modal uang yang besar. Koneksi lancar dapat menunjang komunikasi anda dengan pembeli serta dengan supplier.

Koneksi internet yang lancar ini dapat mempermudah bagi anda dalam melakukan promosi pada media sosial. Kemudahan cara menjadi dropship adalah tak perlunya membeli atau menyediakan barang tertentu untuk anda pasang pada media sosial.

Anda hanya perlu memposting konten jualan sebagai cara promosi yang tepat dan mudah. Untuk memasang barang jualan, terdapat banyak sekali e-commerce yang menyediakan ruang bagi anda.

Cara menjadi dropship, anda juga bisa melakukan promo dengan memiliki website tersendiri, seperti blog atau media sosial pribadi anda. Namun, jangan khawatir akan hal tersebut, biasanya supplier akan membagikan konten yang akan anda promosikan.

Cara menjadi dropship banyak keuntungan yang akan anda peroleh dengan mudah. Antara lain adalah:

1.Tak Memerlukan Modal Besar

Sudah menjadi rahasia umum jika memulai bisnis harus mempunyai modal yang besar. Oleh karena itu, ini adalah salah satu dari keuntungan bisnis dengan cara dropship. Anda tak perlu memiliki modal yang besar agar mendapatkan keuntungan besar.

Karena, anda tak perlu membeli barang terlebih dahulu. Setelah postingan barang jualan anda laku atau mempunyai pemesan, maka anda akan menerima sejumlah uang dari pemesanan barang tersebut dari pembeli.

Selanjutnya, anda hanya tinggal meneruskan transaksi kepada supplier agar barang dapat segera meluncur ke alamat pemesan. Dari transaksi dengan pemesan tersebut, anda akan memperoleh keuntungan, tergantung pada besarnya keuntungan tersebut.

Kemudahan cara menjadi dropship yakni modal akan lebih sedikit karena anda tak harus membuka sebuah tempat atau toko untuk menyetok barang.

Kemudian harga yang akan anda terima adalah harga yang sudah berbeda dengan harga asli dari supplier anda tersebut. Selanjutnya, setelah barang jualan anda telah mempunyai pemesan, maka anda akan menghubungi supplier untuk mengirimkan barang dengan atas nama anda.

2.Mudah Dalam Menjalankannya

Mudah adalah kata yang paling tepat untuk jenis usaha yang satu ini. Mengapa? Karena, anda tak perlu repot-repot menghitung barang, melakukan stok barang, atau berurusan dengan jasa kurir, dan masih banyak lagi.

Bisnis ini sangat cocok dilakukan pada zaman yang serba digital saat ini. Semua berjalan dengan menggunakan akses internet. Jadi, anda hanya harus memiliki foto atau konten dari produk yang anda jual.

3.Lokasi dan Waktu yang Fleksibel

Cara menjadi dropship yakni dengan mengatur waktu serta kapan akan kembali memulai dalam berjualan secara leluasa. Misalkan, anda dapat mengumumkan jika membuka toko online akan anda lakukan pada pukul yang telah anda tentukan.

Kemudian anda juga dapat menentukan biaya dan cara aktivasi dari belanja yang akan anda jalankan. Misalkan saja, kemudahan atau keuntungan yang satu ini dapat anda lakukan jika telah kewalahan dalam menerima pesanan.

Jika memang benar-benar tidak memungkinkan menjalankan bisnis sendiri, maka anda dapat membaginya dengan sanak keluarga yang lain.

4.Pilihan Produk Jualan Bervariatif

Anda tak perlu pusing memikirkan pembelian dan stok barang. Anda hanya perlu menawarkan produk dengan beberapa metode jualan yang anda kuasai melalui media sosial.

Cara menjadi dropship dapat anda lakukan dengan beberapa langkah mudah. Antara lain adalah:

1.Pilihlah Supplier yang Tepat

Langkah yang pertama memang harus anda pikirkan dengan matang. Sebab, seorang dropshipper tidak ikut dalam campur tangan mengurusi kualitas produk jualan. Bahkan, tidak ikut dalam mengurus pengiriman.

Sehingga, jika terdapat rintangan seperti keterlambatan pengiriman, maka anda harus siap dalam mempertanggungjawabkan kepada pelanggan atau pemesan. Apalagi, jika barang yang telah sampai kepada pemesan tak sesuai dengan harapan si pembeli.

Jadi, cara menjadi dropship juga harus siap menerima keluhan dari pembeli. Inilah kenapa alasan memilih supplier yang tepat sangat berguna. Pilih supplier yang telah terpercaya serta dapat diandalkan.

Bahkan, anda juga harus mencari tahu kualitas barang jualan apakah sesuai dengan deskripsi produk yang mereka tawarkan. Jangan lupa mencari review dari customer yang telah memberikan tanggapan tentang pelayanan mereka.

2.Mulai Kerjasama dengan Supplier

Setelah anda berhasil menemukan supplier yang terpercaya, maka cara menjadi dropship selanjutnya yaitu anda dapat segera menjalankan kerjasama dengan mereka. Namun, sebelumnya anda harus memesan terlebih dahulu agar mengetahui kualitas produk mereka.

Jika anda sudah sangat yakin dengan kualitas produk mereka, maka mulailah dalam menjalin kerjasama. Perlu anda ketahui jika memulai bisnis sebagai droshiper ini memang mudah.

Namun, biasanya supplier menentukan harga yang akan anda jual nantinya. Hal tersebut karena mereka tetap menjaga harga pasar agar tidak jatuh begitu saja.

Keuntungan yang akan anda terima sebagai dropshipper memang hanya sekitar 10-20 persen dari harga dari supplier. Akan tetapi, jika cara menjadi dropship anda lakukan dengan strategi yang tepat, maka total penghasilan anda akan sangat besar.

3.Tentukan Brand dan Promosi

Anda yang baru sebagai pemula dalam usaha dropship ini, maka sebaiknya fokus terlebih dahulu dengan salah satu produk. Karena dengan brand awareness yang baik atau maksimal, maka dapat memberikan nilai lebih bagi para calon pelanggan.

Kemudian untuk brand, sebaiknya anda perhatikan tentang kualitas dan juga ketahanan produk tersebut. Ini sangat penting untuk menghasilkan loyalitas para pelanggan. Yang penting perlu anda perhatikan adalah jangan menjual produk yang merupakan trend sementara.

Lalu hindari jualan produk yang sensitif atau belum jelas tentang regulasi hukum dari produk tersebut. Untuk promosi, sebaiknya manfaatkan media sosial yang ada seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi.

Cara menjadi dropship selanjutnya adalah gunakan gambar produk yang real-pict agar pelanggan percaya dengan toko anda. Saat ini, banyak pelanggan yang pintar dan memiliki sifat rasional dalam berbelanja secara online. Dalam melakukan promosi, anda juga harus memberikan keterangan produk yang lengkap, ukuran, serta warna yang tersedia.

4.Jadilah Spesialis

Dalam memulai bisnis dropship memang sangat mudah, sehingga tak menutup kemungkinan bagi sebagian pelaku akan gelap mata. Akibatnya, produk yang dijual tidak fokus dan justru melenceng kemana-mana.

Anda tak boleh sampai hal tersebut menimpa anda. Karena akan mengakibatkan anda kesulitan dalam memasuki lingkungan persaingan bisnis.

5.Layani Pelanggan dengan Maksimal

Lakukan dengan cara yang maksimal dalam menangani pelanggan. Bahkan, anda dapat memberikan solusi bagi pelanggan anda yang tidak sabar dengan waktu pengiriman.

Pelajari teknik melayani pelanggan dengan berbagai trik jitu. Cara menjadi dropship dapat anda lakukan dengan cara yang mudah. Namun, jangan lupa menjalaninya dengan keuletan dan juga kegigihan. Niscaya kesuksesan akan menghampiri anda.

Kesimpulan : Jika Anda berminat untuk menjalani dropship, kenali dulu polanya, nikmati prosesnya dan buka pikiran anda, ambil cara yang cepat menghasilkan, sukses selalu untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *