Sebagian orang mempunyai desain rumah idaman adalah keharusan dan memang tidak mudah, karena begitu banyak faktor yang harus diperhatikan. Anda perlu mencari lokasi yang strategis, menyesuaikan luasan bangunan dan jumlah lantai, hingga desain interior dan arsitekturnya.

Konsep atau gaya desain begitu beragam dan bisa berbeda-beda tergantung dengan luasan bangunan itu sendiri. Pada saat Anda membeli atau mendirikan rumah idaman, pastikan sesuai dengan selera. Karena kalau tidak sesuai akan mengakibatkan kejenuhan didalam rumah. Bisa dilihat di Pinterest

Hal pertama yang perlu Anda tentukan adalah desain tampak depan dan cat rumah. Buatlah rumah dengan cat berwarna terang atau monokrom cenderung memberi kesan luas. Kemudian, sebisa mungkin sematkan unsur alam di rumah, baik di dalam ataupun luar. Tidak masalah lahan kecil yang terpenting, hadirkan tanaman hijau di rumah.

Selain tampak bangunan, interior memerlukan perhatian yang lebih besar. Beberapa teori mengungkapkan, penghuni rumah menghabiskan waktu 95% di dalam rumah.

Rumah idaman adalah rumah yang sejuk dan nyaman. Memberikan suasana yang hangat sekaligus ada udara sejuk yang mengalir setiap saat. Berikut ini beberapa tips dan inspirasi rumah idaman yang paling disukai banyak orang dan bisa menjadi referensi Anda:

1. Rumah idaman minimalis satu lantai

Rumah berlantai satu memang sekarang terbilang jarang, terutama di Jakarta. Luas dengan lahan yang terbatas menuntut masyarakat dan developer untuk membuat rumah bertingkat tinggi. Namun bukan berarti rumah berlantai satu itu sudah tidak ada di pasaran akan tetapi tidak sedikit peminatnya. Rumah berlantai satu biasanya cocok bagi yang belum berkeluarga, lansia, atau pasangan pengantin baru.

Rumah dengan desain satu lantai lebih mudah dirancang karena elemen desain yang diperhatikan cenderung lebih sedikit.

Kecuali jika rumah Anda memiliki ukuran tanah yang luas, tipe rumah ini sangat cocok, karena bisa memaksimalkan area sebanyak mungkin. Jangan lupa hadirkan taman agar rumah terasa segar.

Agar tampak depan rumah terlihat tinggi, hadirkan permainan garis-garis vertikal pada tampak depan (fasad) dapat memberikan efek jenjang. Peletakan partisi kayu dengan posisi miring dapat membantu menjaga privasi penghuni dari luar rumah, namun tetap mendapatkan pencahayaan yang cukup.

2. Rumah idaman minimalis dua lantai

Rumah berlantai dua banyak ditemukan di perumahan kluster. Tipe rumah dua lantai cocok untuk keluarga kecil, karena fungsi ruangan bisa bertumbuh seiringnya bertambah personil keluarga.

Selain itu rumah minimalis dua lantai memiliki ciri khas yaitu menggunakan dak beton, mengikuti bentuk dasar (berbentuk kotak), polos atau tanpa ornamen, dan menggunakan maksimal dua kombinasi material.

Teorinya rumah minimalis menggunakan cat dinding berwarna monokrom. Jika Anda merasa warna putih pada rumah itu terlalu polos, bisa ditambahkan material kayu atau dinding batu alam bermotif sederhana sebagai aksen.

Memiliki rumah bertingkat dua lantai sering kali terhambat dengan budget. Jangan khawatir, karena rumah bisa dibuat bertumbuh. Tipsnya adalah konsultasikan dengan arsitek atau desainer Anda untuk merancang pondasi rumah untuk dua lantai, walaupun yang didirikan baru lantai pertama saja.

Pastikan tampilan serta letak tangga bisa dikembangkan sesaat ketika Anda ingin menambah jumlah lantai.

3. Rumah idaman modern

Desain rumah modern sering disandingkan dengan rumah minimalis. Meskipun hal tersebut bisa dibenarkan, namun ada beberapa perbedaan yang mencolok untuk memisahkan antara dua desain tersebut.

Rumah modern memiliki bentuk atap segitiga, sedangkan rumah minimalis identik dengan atap dak beton (atap rata). Rumah modern saat ini memiliki sumber pencahayaan yang baik dengan aplikasi jendela besar.

Hadirkan jendela atau bukaan yang memadai di rumah Anda, agar sirkulasi udara bisa mengalir dengan baik. Pastikan arah mata angin rumah Anda.

Hindari memposisikan jendela di dinding yang menghadap arah barat, karena rumah akan terasa panas. Banyak orang yang mengabaikan hal ini padahal ini penting untuk rumah agar tetap nyaman.

4. Rumah idaman dengan fasad (sisi luar) unik

Fasad rumah menjadi peranan penting dalam image sebuah rumah. Tampilan pada fasad rumah menunjukkan karakter bagian dalam rumah bahkan selera dari penghuninya. Terlebih untuk desain rumah modern yang memiliki kekhasannya sendiri.

Desain modern dari sebuah rumah terlihat sedari fasadnya.
Fasad (muka) rumah modern seringkali memperlihatkan sebagian bagian dalam rumah. Hal ini lantaran kesan gamblang dan praktis menjadi ciri khas gaya modern. Oleh sebab itu tampilan apa adanya dari material terbilang sebagai salah satu syarat penting menciptakan fasad rumah.

Sesuaikan desain fasad Anda dengan keseluruhan desain interior. Jika menginginkan rumah dengan profil, berarti Anda cocok dengan desain rumah klasik. Sedangkan jika Anda ingin rumah dengan nuansa yang sederhana, rumah tropis modern atau rumah minimalis bisa menjadi pilihan terbaik.

5. Rumah idaman tropis modern dua lantai

Rumah modern tropis lekat dengan gambaran dengan ruang terbuka, memudahkan untuk memberi dekorasi, seperti furnitur yang sesuai dengan kepribadian Anda. Ciri khas dari rumah tropis modern adalah memiliki atap, ceiling tinggi, memiliki banyak bukaan, dan tanggap dengan iklim.

Maksud tanggap dengan iklim adalah memiliki desain yang bertahan dengan curah hujan yang tinggi serta terik matahari, selayaknya iklim di Indonesia. Anda bisa tambahkan kolam renang yang akan membuat rumah modern tropis menjadi lebih asri dan sejuk.

Bagi Anda pecinta material kayu dan ingin diaplikasikan di depan (fasad) rumah, coba rancang pola kayu agar tidak monoton. Ukuran plank kayu yang berbeda juga dapat memberikan efek yang signifikan.

6. Rumah idaman dengan taman

Berapa pun luas tanah yang Anda miliki, sebisa mungkin menyediakan area khusus taman karena khasiatnya cukup banyak. Selain sebagai tempat bermain, taman juga bisa memberikan pemandangan segar untuk mata dan udara yang baik untuk rumah. Taman dengan rumput yang hijau secara tidak langsung juga baik untuk mata lelah.

Mengutip dari alodokter.com, jika mata terasa lelah setelah melihat gadget atau komputer, istirahatkan mata secara berkala dengan aturan ‘20-20-20’. Setiap 20 menit sekali, berpalinglah selama 20 detik dari bacaan atau layar gadget dan pandanglah taman dari ke kejauhan sekitar enam meter (20 feet).

Menciptakan rumah hijau dengan luasan taman yang minim dapat dilakukan melalui perencanaan di depan (muka) rumah yang didesain sedemikian rupa sebagai taman vertikal.

Taman hijau tidak serta-merta hanya mempercantik hunian, fasad hijau ini juga berfungsi sebagai pelindung terpaan sinar matahari langsung.

7. Rumah idaman di tengah kota

Sangat beruntung jika Anda bisa mendapatkan rumah yang berlokasi di tengah kota dan strategis kemanapun. Tapi sering kali, kebisingan kota sangat mengganggu. Untuk mengantisipasi kebisingan tengah kota, menempatkan bangunan rumah ke arah dalam setelah (Garis Sempadan Bangunan ) GSB sehingga terdapat jarak dengan jalan sekitar.

Disarankan, rumah dirancang berorientasi ke arah utara dan selatan untuk menjaga kelembaban sekaligus menjadi latar belakang bagi bayangan dari biasan matahari. Desain fasad rumah yang agak tertutup untuk menjaga privasi dari luar rumah.

Orientasi pandangan bisa dimaksimalkan ke arah dalam hunian melalui ruang terbuka berupa inner courtyard dan kolam renang. Dengan hal ini Anda akan mendapatkan ketenangan yang privat di dalam rumah, selayaknya di resort.

8. Rumah idaman berukuran kecil

Beberapa lahan dan tanah di kota Jakarta dan sekitarnya semakin terbatas, sehigga luas bangunan juga menyesuaikan ketersediaan. Kepraktisan menjadi faktor utama memilih tinggal di rumah kecil.

Efek dari rumah kecil ini juga akhirnya menggiring kebanyakan peminatnya untuk memilih tipe-tipe kecil, seperti loft, studio, alcove, dan convertible. Sehingga meski terbilang minim ruang, bukan berarti rumah kecil tidak bisa nyaman dan tampil gaya.

Untuk fasad atau tampak depan rumah, pilih warna cat yang terang, perbanyak bukaan dengan kaca, serta hindari material yang terlalu beragam. Warna yang terlihat terang memberikan kesan ruang yang luas, baik untuk interior ataupun eksterior.

9. Rumah idaman dengan teras rumah

Bagian teras rumah, tidak selalu menjadi tempat menerima tamu. Teras bisa disebut dengan ruang peralihan dari ruang luar menuju ruang dalam rumah begitupun sebaliknya.

Teras bisa jadi tempat untuk bersantai di pagi hari sambil menyeruput kopi untuk mengumpulkan semangat dalam beraktifitas.
Rumah dengan keadaan teras yang baik adalah rumah yang menghadap ke arah timur.

Hal ini dianjurkan agar cahaya matahari pagi yang penuh manfaat dapat menyinari bagian depan rumah yang biasanya dihiasi tanaman.

10. Rumah idaman minimalis dua lantai

Memiliki rumah dua lantai sangat cocok bagi keluarga besar atau jika Anda membutuhkan ruang yang cukup banyak untuk menunjang karir dan hobi Anda. Rumah dua lantai juga menciptakan kesan mewah dan modern.

Dengan memiliki rumah bertingkat, Anda juga bisa memanfaatkan lahan untuk memiliki halaman yang lebih luas karena ruangan-ruangan seperti kamar tidur, gudang, ruang kerja, atau ruang tempat Anda menyalurkan hobi dapat diletakkan di lantai atas.

Standar dari rumah idaman minimalis dua lantai yaitu setiap ruangan dibuat lebar dan luas. Lantai dua memiliki teras kecil dengan pagar minimalis baik di bagian depan, samping, atau belakang dan akan lebih baik jika terdapat dua buah kursi serta meja kecil. Dengan ini, Anda dan keluarga bisa bersantai di pagi atau sore hari. Anda juga bisa menyediakan sedikit ruang di lantai dua untuk menjemur pakaian.

11. Rumah idaman minimalis satu lantai

Rumah minimalis satu lantai juga bisa menjadi pilihan bagi eksekutif muda dengan keluarga kecil atau belum berkeluarga. Meski hanya satu lantai, rumah ini bisa tampak cantik dengan desain yang modern.

Rumah minimalis memiliki desain yang simpel, rapi, serta elegan. Yang dimaksud minimalis di sini yaitu memiliki suatu bentuk geometri yang terkesan rapi, dan tidak kumuh, seperti persegi atau trapesium. Jika nantinya Anda memiliki lahan yang cukup luas, Anda bisa membangun rumah idaman minimalis berlantai satu.

Agar rumah berlantai satu Anda tetap terlihat elegan dan berkelas, Anda bisa membuat bangunan rumah Anda lebih tinggi. Jendela yang besar-besar juga bisa digunakan untuk memberi kesan luas juga pencahayaan yang baik.

Pilihan warna cat dinding juga berpengaruh untuk membuat rumah idaman minimalis berlantai satu tampak lebih luas. Sebaiknya pilih warna-warna netral atau pastel.
Dengan tidak memiliki pagar atau berpagar rendah, rumah idaman minimalis berlantai satu akan terlihat lebih luas dan cantik.

12. Rumah idaman minimalis dengan kolam renang

Jika Anda hobi berenang, memiliki kolam renang pribadi tentu akan menjadi kesenangan tersendiri. Anda dapat berenang sesuka hati atau sekadar bersantai di atas kasur air sambil melepas penat sehabis bekerja. Selain itu, tentu saja Anda tidak perlu mengantre untuk membeli tiket masuk. Anda juga tidak perlu khawatir akan kebersihan air kolam atau terkena penyakit menular karena hanya Anda dan keluarga atau sahabat yang Anda kenal saja yang berenang di situ.
Kolam renang umum hanya berada di luar rumah, Anda bisa memiliki kolam renang di dalam rumah atau indoor bisa menjadi ide yang bagus. Cocok bagi Anda yang menyukai privasi.

13. Rumah idaman masa kini dengan garasi besar

Seorang eksekutif muda seperti Anda mungkin memiliki beberapa jenis kendaraan sehingga membutuhkan garasi yang cukup besar. Dengan memiliki garasi yang besar di rumah, Anda dapat lebih leluasa memarkir kendaraan-kendaraan Anda.

14. Rumah idaman masa kini dengan desain unik

Bagi Anda yang nyentrik dan selalu ingin tampil berbeda dari yang lain, tidak ada salahnya Anda mencoba membangun rumah idaman dengan desain unik akan menggambarkan karakter Anda. Anda bisa mencoba desain yang tidak simetris. Rumah dengan desain unik juga jarang ada yang menyamai, sehingga menjadikan rumah Anda tampak semakin kekinian dan anti-mainstream. Selain itu, rumah Anda juga akan menjadi pusat perhatian.
Namun perlu diingat, meski memiliki desain yang tidak seperti rumah pada umumnya, pencahayaan dan sirkulasi udara tetap perlu diperhatikan.

15. Rumah idaman masa kini dengan halaman luas

Memiliki halaman yang luas tentu sangat menyenangkan. Anda bisa membuat suatu taman yang bisa Anda gunakan untuk mengundang teman-teman Anda saat mengadakan suatu acara. Manfaatkan lahan luas yang Anda miliki untuk membuat halaman rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *