Desain rumah tingkat – Rumah tingkat atau rumah berlantai dua adalah tipe rumah yang paling banyak dan diminati oleh masyarakat. Salah satu alasannya, desain rumah tingkat minimalis adalah solusi untuk lahan kecil.

Tipe rumah ini sangat cocok untuk keluarga kecil, karena fungsi ruangan bisa bertumbuh seiringnya bertambah personil keluarga. Terlihat dari tipe lain, rumah dengan desain rumah tingkat adalah menggunakan dak beton, mengikuti bentuk dasar (berbentuk kotak), polos atau tanpa ornamen, dan menggunakan maksimal dua kombinasi material.

Teorinya rumah minimalis menggunakan cat dinding berwarna monokrom. Jika Anda khawatir warna putih itu terlalu polos, Anda bisa tambahkan material dinding batu alam bermotif sederhana sebagai aksen.

Memiliki rumah bertingkat dua lantai sering kali terhambat dengan budget. Jangan khawatir, karena rumah bisa dibuat bertumbuh. Ketika anak bertambah besar, rumah pun turut tumbuh perlahan dan merespon masa depan. Anda bisa konsultasikan dengan arsitek rumah atau desainer Anda untuk merancang pondasi rumah untuk dua lantai, walaupun yang didirikan baru lantai pertama saja. Pastikan tampilan depan serta letak tangga bisa dikembangkan sesaat mau menambah jumlah lantai.

  1. Denah rumah tingkat minimalis 2 lantai dilengkapi 3 kamar tidur cocok untuk keluarga dengan dua anak

Ini denah yang cocok untuk keluarga muda dengan dua anak, karena setiap anak mendapatkan kamarnya masing-masing. Untuk memberikan pengalaman ruang yang menyenangkan untuk anak, sediakan jendela kaca dengan pemandangan ke arah taman bawah. Bentuk rumah dengan void membantu perputaran sirkulasi udara serta pencahayaan alami dapat masuk ke dalam rumah.

  1. Rumah tingkat minimalis yang serba putih membuat rumah kecil terlihat luas

Hamparan halaman belakang yang dihiasi dengan rumput akan terlihat indah dengan bangunan rumah minimalis. Pilih warna yang terang pada dinding, ceiling, dan lantai untuk memberikan kesan luas pada rumah mungil. Kombinasikan sesuai kreatifitas Anda dengan beberapa material seperti lantai bertekstur marmer agar rumah tetap terasa mewah.

  1. Sediakan balkon depan dengan Jendela shutter agar aman dan nyaman

Ketika melepas lelah, kegiatan duduk dengan santai di balkon tentu menjadi aktifitas yang menenangkan, terutama saat ditemani udara yang sepoi-sepoi. Jika Anda ingin memiliki balkon di depan rumah, sebaiknya sediakan jendela atau shutter kayu agar rumah tetap aman saat balkon tidak digunakan. Model window shutter tentu beragam. Agar sirkulasi udara tetap bisa mengalir masuk, pilih jendela shutter dengan kisi-kisi.

  1. Rumah tingkat minimalis yang serba kotak

Buat bangunan privasi pada hunian rumah minimalis dengan menggunakan dinding beton pada bagian fasad rumah. Rona monokromatis yang dihadirkan dari paduan warna pada dinding fasad sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah di negara iklim tropis.

  1. Ide desain rumah tingkat minimalis 2 lantai yang luasnya 250 meter persegi

Rumah dengan model split level atau dengan perbedaan ketinggian, rumah bisa mengakomodasi indoor garden di tengah ruangan. Keuntungan jika Anda memiliki indoor garden adalah hijaunya tanaman dapat membuat suasana ruangan menjadi sejuk dan segar. Tak hanya dari segi visual, hadirnya tanaman di rumah juga memperbaiki sirkulasi udara. Memiliki taman atau sekadar pot anaman hijau kini menjadi tren gaya hidup serba sehat.

  1. Model rumah tingkat minimalis dengan luas tanah 80 meter persegi

Atap rumah pelana cocok untuk desain atap rumah di Indonesia yang memiliki curah hujan dan terik Matahari tinggi. Umumnya, memiliki kemiringan 30 derajat. Atap berbentuk segitiga ini adalah salah satu solusi untuk melindungi tempias saat hujan dan memiliki daya serap radiasi dan panas yang cukup baik.

  1. Rumah tingkat minimalis dengan Permainan Level

Membuat rumah tingkat minimalis kadang-kadang bisa menjadi pekerjaan yang rumit, terutama untuk membuat gubahan massa bangunan yang tetap dinamis meski tampilan keseluruhannya tetap minimalis atau tidak berlebihan.

Untuk itu, kamu bisa bermain level pada rumah tingkat minimalismu dengan membuat lantai mezanine atau memberikan kontur pada hunian sehingga rumah tingkat minimalis tetap terlihat menarik. Permainan level juga memungkinkanmu memiliki ruangan dengan langit-langit yang tinggi. Langit-langit yang tinggi nggak cuma memberikan kesan mewah tapi juga memungkinkan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga lebih nyaman digunakan.

  1. Rumah tingkat minimalis dengan bukaan maksimal

Salah satu model rumah tingkat minimalis yang bisa dicontoh selanjutnya adalah rumah tingkat minimalis yang didominasi bukaan-bukaan besar. Nggak cuma memberikan kesan luas, bukaan yang maksimal pada rumah membantu menciptakan sirkulasi udara dan cahaya yang baik, sehingga rumah tingkat minimalismu nyaman untuk ditinggali bersama keluarga

Jika ingin menambah kesan mewah, naikkan ceiling atau langit-langit dengan bukaan yang maksimal pula. Model rumah tingkat minimalis cocok jika hunian memiliki view yang baik. Meskipun begitu, hindari bukaan-bukaan besar pada sisi yang menghadap matahari langsung karena akan membuat hunian terasa panas dan silau.

  1. Rumah tingkat minimalis polos

Di masyarakat saat ini, banyak tipe rumah tingkat minimalis berkonsep monokromatik atau satu warna untuk mewujudkan kesan minimalis. Namun, bukan berarti rumah Anda akan terlihat monoton dengan satu warna saja. Seperti model rumah tingkat minimalis satu ini yang menggunakan permainan tekstur untuk memperkaya visual dari fasadnya. Model rumah seperti ini juga bisa dimaksimalkan dengan furniture yang tepat, dengan menggunakan furniture minimalis, visual rumahmu akan semakin memukau.

Dengan warna-warna yang terang seperi rumah tingkat minimalis ini, kamu bisa menonjolkan objek lainnya seperti tanaman hingga dekorasi taman lainnya. Kamu bisa memeadukan model rumah tingkat minimalis ini dengan menghadirkan tanaman rambat atau tanaman gantung. Anda bisa buat pada bagian di interior rumah, mencari furniture berwarna senada dengan tone rumah tingkat minimalismu.

10.Rumah tingkat minimalis dengan bentuk dinamis

Minimalis bukan berarti kamu nggak boleh bermain dengan bentuk. Rumah tingkat minimalis satu ini contohnya. Meski tampil dengan material finishing kayu yang sederhana, memberikan sedikit potongan berbeda pada bagian atap dan sisi samping ternyata membuat rumah tingkat minimalis satu ini terlihat istimewa.

Untuk mencobanya, kamu bisa mencoba memotong sudut-sudut siku dan mengubahnya dengan potongan yang lebih dinamis, sehingga rumah tingkat minimalismu tidak terlihat membosankan. Namun, pastikan sudut-sudut ini nggak mempengaruhi ruangan di dalam bangunan karena sudut-sudut tumpul atau lancip pada denah akan membuat ruangan jadi tidak aergonomik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *