Apakah Anda pengemar dan suka mendesain rumah tingkat? Jika Anda ingin mewujudkan desain rumah tingkat Anda, bukan berarti tentang pengeluaran yang lebih sedikit, namun mewujudkan desain rumah tingkat yang lebih baik adalah melalui kesederhanaan dan mendapatkan tampilan terbaik melalui analisis dan pembatasan secara cermat.

Memiliki tipe rumah tingkat sederhana yang mungil dan nyaman adalah kebutuhan yang tidak bisa dilewatkan. Terkadang ini menjadi impian Anda saat Anda belum mampu membeli atau membangun sebuah rumah. Pentingnya kegunaan rumah pada kehidupan manusia membuat rumah menjadi kebutuhan primer yang harus terpenuhi.

Mungkin Anda sering menjumpai rumah tingkat modern yang mewah, dengan ukuran luas dan furnitur berkelas dan keindahannya akan dinikmati banyak orang. Namun, bagi Anda yang memiliki rumah mungil dan bahkan belum bisa memiliki tipe rumah mewah, jangan berkecil hati. Anda tetap bisa membuat desain rumah tingkat, merancang dan merealisasikan rumah tingkat sedemikian rupa sehingga tampil modern dan elegan.

Didalam desain rumah tingkat, kunci utamanya adalah terletak pada petunjuk atau cara memaksimalkan setiap ruangan rumah sehingga tetap bisa membuat Anda nyaman dan senang berada di rumah. Jadi, kenyamanan adalah hal utama yang sangat penting saat Anda sedang jenuh dan mengistirahatkan tubuh saat Anda lelah sepulang bekerja.

Kelebihan tipe rumah tingkat dibanding dengan rumah minimalis 1 lantai adalah jumlah kamar. Sebaiknya, sebelum melakukan rancangan pada rumah idaman Anda, yang Anda butuhkan pertama-tama adalah Anda tentu harus merencanakan dengan cermat desain rumah tingkat yang bagus dan mempertimbangkan prinsip dasar desain minimalis tanpa mengorbankan kenyamanan, nilai estetika, dan gaya kepribadian Anda.

Berikut adalah beberapa pilihan rumah tingkat modern yang dapat Anda pertimbangkan sebelum mulai merancang rumah impian Anda.

Desain Rumah tingkat minimalis 2 lantai tipe 36

Meskipun memiliki ukuran terbatas, rumah tingkat minimalis 2 lantai tipe 36 dirancang untuk keluarga yang memiliki kehidupan modern, namun sederhana.

Tipe rumah tingkat minimalis 2 lantai tipe 36 merupakan pengembangan dari rumah minimalis 1 lantai tipe 36 dengan luas lantai dasar sebesar 36 meter persegi, sedangkan lantai dua bisa bervariasi sesuai kebutuhan penghuni.

Rumah tingkat minimalis 2 lantai tipe 36 merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pertambahan jumlah anggota keluarga.

Berbagai pilihan tampilan dan desain ruang masih tetap diperlukan dalam desain ini, meskipun terbatas pada ukuran. Desain tipe rumah ini berfokus untuk mengeksplorasi warna, material, tekstur, dan bentuk pada tampilan eksterior dan interior minimalis yang bisa menjadikan hunian Anda terlihat lebih modern dan elegan.

Dari segi ekonomis, biaya rumah tingkat minimalis 2 Lantai tipe 36 ini cukup terjangkau sehingga menjadikan tipe rumah ini paling banyak diminati orang selain nyaman dan cukup memberikan ruang gerak yang luas bagi penghuninya.

Selain itu, tipe rumah ini juga membantu mempermudah para pekerja bangunan untuk melaksanakan pekerjaannya.

Desain rumah tingkat minimalis 2 lantai tipe 45

Desain rumah tingkat minimalis 2 lantai tipe 45 hampir menyerupai tipe rumah 36, namun ukuran masing-masing ruangan dibuat lebih lebar agar terasa cukup luas.

Tipe rumah ini merupakan pengembangan dari rumah minimalis 1 lantai tipe 45 dengan luas lantai dasar sebesar 45 meter persegi, sedangkan lantai dua bisa bervariasi sesuai kebutuhan penghuni.  Untuk memperindah bangunan rumah agar tampil lebih atraktif, desain eksterior maupun interior minimalis sangat dibutuhkan.

Selain itu, biaya rumah tingkat minimalis 2 Lantai tipe 45 cukup terjangkau, sebagaimana halnya tipe 36, sehingga tipe rumah ini juga paling banyak diminati orang selain nyaman dan memberikan ruang gerak yang luas bagi penghuninya.

Karakteristik utama rumah tingkat minimalis 2 lantai tipe 45 adalah keunggulan dalam hal desain yang membuat setiap sudut 2 lantai menjadi berfungsi meski areanya sangat sempit.

Model rumah tingkat minimalis 2 lantai ukuran 6×9 memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada tipe 36 dan 45. Meskipun setiap ukuran ruang sedikit lebih lapang, Anda tetap harus cermat merencanakan layout ruang. Untuk memberikan kesan lapang, sebaiknya gunakan trik menciptakan ruang tanpa dinding pembatas yang bertujuan menyamarkan tampilan rumah minimalis Anda agar tidak terasa sempit.

Desain rumah tingkat minimalis 2 lantai 6×12 memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada tipe 6×9, biasanya dengan sedikit penambahan di bagian belakang. Kiat menciptakan ruang tanpa dinding pembatas juga dapat digunakan untuk menyamarkan tampilan rumah Anda agar tampak lebih lapang.

Desain Rumah Tingkat Minimalis 2 Lantai Type 60

 

Denah di lantai 1

Di lantai 1 desain rumah tingkat minimalis 2 lantai type 60, anda bisa memiliki 2 kamar tidur, ruang tamu, dapur, ruang makan dan satu kamar mandi. Ruang tidur memiliki ukuran masing-masing 3 m x 3 m. Bedanya, satu kamar tidur bisa diisi dengan 1 orang saja yang telah dilengkapi dengan kamar mandi. Sementara kamar utama, bisa diisi oleh dua orang dengan posisi kamar mandi di bagian luar.

Ruang tamu yang bisa dibuat oleh rumah tipe ini mencapai luasan 3.5 m x 4 m. Karena lega, anda tak perlu khawatir dengan kesan yang ditampilkan oleh tamu yang datang karena tentunya mereka merasa nyaman. Agar terlihat lebih lega, anda bisa menyatukannya dengan dapur minimalis dan juga ruang makan yang dibuat tanpa sekat. Kamar mandi di lantai 1 berukuran 1.9 m x 1.5 m sehingga bisa membuat bak mandi permanen.

Desain di lantai 2

Di bagian lantai 2, anda juga bisa memiliki dua kamar yang ukurannya cukup luas yakni sekitar 3.5 m x 3 m. Anda bisa memanfaatkannya untuk menaruh lemari pakaian yang ukurannya lebih besar ketimbang kamar tidur di bagian bawah. Jika ditempati oleh anak-anak, anda bisa membuatkan ranjang bertingkat agar kapasitas ruangan bisa dimasukkan meja belajar.

Selain dua kamar tadi, sisa ruang di lantai 2 bisa digunakan untuk ruang keluarga. Jika dua kamar berderet menghadap ke bagian depan rumah, maka ruang keluarga berada di hadapan salah satu kamar. Luasan ruang keluarga bisa mencapai 2.5 m x 4 m dan nyaman untuk menaruh sofa yang dipergunakan saat menonton TV. Kamar mandi juga sebaiknya di luar, bisa dengan atau tanpa WC.

Desain Rumah tingkat Minimalis 2 Lantai Type 100

Desain di lantai 1

Rumah dengan luasan 100 m² cukup untuk keluarga besar. Desain rumah tingkat minimalis 2 lantai type 100 bisa dengan maksimal penggunaannya karena jumlah kamar tidur bisa hingga 4 buah an ukurannya yang cukup luas. Di lantai 1, anda bisa memiliki 2 kamar tidur dengan ukuran berbeda yakni 1.7 m x 2.5 meter dan 4 m x 3.5 m yang masing-masing disertai kamar mandi dalam.

Ruang tamu berukuran 3 m x 2.5 m yang disekat untuk ruang makan khusus menyimpan meja makan bundar agar tak memakan ruang. Posisi meja makan berhadapan dengan dapur seluas 10 m² yang dapat berupa konter, kulkas, dan juga lemari perabot. Di lantai 1, ruang keluarga bisa tersedia di bagian belakang dengan luasan 24 m² sehingga sangat nyaman untuk dijadikan tempat berkumpul.

Desain di lantai 2

Di bagian lantai 2, rumah bisa memiliki dua kamar tidur seluas 3.5 m x 3 m namun posisi kamar mandi berada di luar dan berjumlah satu saja. Sisa luasan lainnya bisa digunakan untuk ruang baca yang nyaman dengan menaruh rak buku dan juga karpet. Atau bahkan, anda membuat ruang kerja atau ruang serbaguna saat kerabat sedang berkunjung.

Gambar Desain Rumah Tingkat Minimalis 2 Lantai Terbaru

Berikut ini adalah beberapa desain rumah minimalis 2 lantai modern lainnya dengan berbagai jenis type rumah yang bisa anda jadikan sebagai tambahan referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *