Sign in / Join

Ini Cara Daftar GoFood 2020, Gampang Banget!

38
0
Share:

Bagi Anda yang baru atau sudah memiliki usaha di bidang kuliner, tentu ingin agar makanan buatan Anda dikenal. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan lebih banyak pembeli yaitu dengan mendaftarkan produk ke GoFood. Selain menguntungkan, cara daftar GoFood pun mudah dan cepat.

GoFood merupakan salah satu fitur di aplikasi GoJek yang dikhususkan untuk memudahkan konsumen mencari dan memesan makanan yang diinginkan tanpa harus bersusah payah menuju ke lokasi.

Anda tinggal mengklik makanan yang diinginkan dalam beberapa saat, pesanan Anda akan tiba dengan kurir berlabel GoJek di rumah.

Cara ini dinilai lebih praktis, terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

Keuntungan Menjadi Mitra Go Food

Sudah dikatakan bahwa kehadiran Gofood ini memutus jarak antara toko dan pelanggan serta memudahkan konsumen menjangkau sajian yang ditawarkan di berbagai restoran hanya bermodal ponsel pintar. Lantas apa keuntungan bagi pemilik toko atau restoran yang memutuskan menjadi mitra Go Food?

Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Go Food memiliki strategi marketing channel yang dapat membantu setiap restoran mengiklankan produknya kepada pelanggan. Misalnya dengan diskon pembelian atau penukaran poin. Promo ini tidak dipungut biaya alias gratis sehingga setiap restoran dapat berhemat untuk belanja iklannya. Tanpa budget iklan besar setiap usaha dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

Baca Juga : Ada 7 Tips Bisnis Frozen Food Online & Rincian Modalnya, simak yuk..

Transaksi Pembelian Aman

Sistem pembelian di Gofood sudah dibuat sedemikian rupa sehingga aman digunakan. Semua bentuk pembayaran menggunakan sistem cashless dan tercatat secara detail di aplikasi pembayaran mitra Go Food.

Transaksi secara cashless dapat meminimalisir kerugian antara toko maupun konsumen. Ya, pada transaksi offline biasanya restoran maupun pelanggan sering dirugikan dengan nominal pengembalian yang kurang.

Pengaturan yang Mudah

Di zaman yang sudah serba internet ini sebenarnya mudah saja bagi setiap restoran membangun websitenya sendiri dan membuka jalur pembelian secara online. Namun, butuh perawatan ekstra juga yang tidak murah. Karena jasa perawatan website semacam ini berbiaya mahal.

Namun di aplikasi Gofood semua layanan disediakan gratis. Pemilik restoran dapat melakukan berbagai pengaturan seperti mengubah fitur, menu, promo, dan harga produk. Sehingga informasi mengenai ketersediaan produk dapat lebih cepat diterima pelanggan.

Jam Buka yang Lebih Fleksibel

Salah satu keuntungan yang dihadirkan jika Anda mendaftar menjadi mitra Go Food maupun Grab Food adalah jam operasional yang lebih fleksibel. Jika membuka gerai di mall atau pusat perbelanjaan maka jam buka toko diatur mulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam saja.

Sementara jika melalui Go Food restoran Anda bebas membuka tokonya hingga jam berapapun, selagi stok menu masih ada. Keuntungan berlipat pun bisa Anda dapat.

Sistem Bagi Hasil

Seperti bisnis pada umumnya, Gofood ini punya model bisnis sendiri untuk bekerjasama dengan para mitranya. Kalau Anda masih ragu dengan sistem pembayaran dari Go Food maupun Grab Food. Tenang, karena keduanya selalu terbuka mengenai sistem bagi hasil.

Rata-rata sistem bagi hasil yang diterapkan adalah 80% untuk restoran dan 20% untuk Go Food. Jadi, bagi Anda pemilik restoran jika tidak ingin merugi bisa menaikkan seluruh harga meni 20% lebih tinggi.

Cara Daftar Usaha Kuliner di Go Food

Bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai mitra usaha kuliner di Go Food bisa lebih dulu mengunduh aplikasi Go-Biz untuk melakukan pendaftaran. GO-BIZ adalah aplikasi yang digunakan oleh GO-FOOD Partner untuk mengelola restorannya pada layanan GO-FOOD dengan mudah.

Dengan menggunakan GO-BIZ, kasir dapat mengaktifkan/menonaktifkan pilihan menu, mengubah jam buka restoran di GO-FOOD, menerima pembayaran dengang GO-PAY, dan lain-lain.

Keuntungan aplikasi Go-Biz

1.Ringkas, rekapan pesanan dan penjualan Anda ditampilkan secara real time.
2.Aman, validasi pemesanan untuk mengurangi penipuan & memastikan isi pesanan secara akurat.
3.Cepat, isi pesanan pelanggan akan dikirimkan melalui aplikasi sehingga penyelesaian setiap pesanan menjadi lebih cepat.
4.Cashless, pembayaran cashless yang mudah dengan GO-PAY yang akan langsung masuk ke dompet digital Anda.
Dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran adalah KTP, NPWP, dan Foto halaman pertama dan kedua buku tabungan atau e Banking yang mencakup informasi Nomor Rekening.

Langkah langkah Mendaftar Mitra Go Food

1.Download aplikasi Go Biz, pilih daftar Go Food, klik buka restoran baru milik pribadi, pilih kota tempat Anda membuka restoran tersebut. Kemudian lanjut.
2.Masukkan nama pemilik usaha di kolom pengguna, lalu email dan nomor ponsel yang masih aktif, klik buat akun. Kode konfirmasi akun akan dikirim ke nomor ponsel yang telah didaftarkan.
3.Masukan nama restoran, lalu lanjut ke pilih informasi restoran seperti nama jalan. Atur titik lokasi restoran secara akurat, gunakan bantuan google maps untuk mencari titik lokasi yang paling mendekati. Pilih identitas pemilik, masukkan nomor telepon pemilik usaha, klik upload dan foto KTP .
4.Masukkan nomor KTP di kolom yang sudah disediakan. Klik centang di kolom NPWP klik upload foto kartu NPWP. 5.Masukkan nomor dan nama yang ada pada NPWP. Klik simpan.
6.Pilih informasi rekening bank. Klik panah di kolom nama bank dan pilihlah bank yang Anda gunakan. Masukkan nomor rekening juga nama pemilik rekening. Klik verifikasi jika pemilik rekening berbeda dengan pemilik restoran.
Masukkan nama pemilik sesuai KTP dan nama pemegang rekening bank. Klik centang dan upload surat kuasa, klik simpan. 7.Pilih informasi pajak dan lainnya.
8.Masukkan info tarif pajak PB1, tarif pelayanan dengan maksimal 10%. Klik simpan. Jika semua data sudah lengkap, klik lanjut. Klik kirim data usaha. Pendaftaran selesai Anda hanya perlu menunggu data diproses oleh pihak GOJEK.

Besar Pajak Restoran yang Wajib Diketahui

Meski pendaftaran menjadi mitra Go Food terbilang mudah, namun banyak detail pada saat pendaftaran yang tak boleh Anda lewatkan. Salah satunya adalah pembebanan pajak.

Di Semua lini pendaftaran Anda akan diminta untuk memilih apakah pajak dibebankan pada konsumen dengan ditambahkan pada harga menu atau ditanggung oleh pihak restoran. Beberapa pajak yang acap kali timbul di Go Food antara lain:

1.Harga tidak memiliki pajak : berarti harga apa ada nya tanpa adanya penambahan dan pengurangan pajak.
2.Harga inclusive atau termasuk pajak : Harga akan dipotong pajak dengan nilai 10. Sebagai contoh harga makanan A Rp. 20.000 maka akan dipotong 10% menjadi Rp. 18.181.Sehingga pada saat konsumen melakukan order sudah otomatis membayar pajak dengan angka Rp. 20.000.
3.Harga exclusive atau tidak termasuk pajak : harga makanan akan ditambahkan dengan pajak yang berlaku oleh restoran.
4.Service Fee : Harga akan dibagi dengan biaya servis yang ditentukan pihak restoran apabila dikenakan biaya pada saat pembelian makanan.

Cara Daftar Go-Food Via Website

Berikut ini cara mudah dan lengkap mendaftarkan bisnis kuliner Anda ke GoFood.

1. Buka situs resmi GoFood di https://www.gojek.com/go-food/bisnis#!/registration

2. Anda akan ditujukan pada tiga pilihan

– “Daftar akun GoFood baru perorangan” untuk badan usaha perseorangan yang belum memiliki akun GoFood.
– “Daftar akun GoFood perusahaan” untuk badan perusahaan yang belum memiliki akun GoFood.
– “Penambahan cabang baru” untuk badan/perseorangan yang sudah memiliki akun GoFood dan ingin mendaftarkan gerai baru.

Kemudian klik opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, dalam hal ini Anda adalah perseorangan yang belum memiliki akun GoFood maka Anda bisa memilih opsi pertama.

3. Selanjutnya isi daftar lengkap nama usaha yang ingin Anda daftarkan.

Isi juga alamat lengkap, data pemilik usaha, data pembayaran, data outlet dan syarat & ketentuan. Setelah semuanya terisi lengkap maka centang opsi “saya bukan robot” untuk memastikan bahwa akun Anda aktif dan digunakan sebagaimana mestinya. Terakhir klik “Submit” untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang sudah Anda isi.

4. Verifikasi
Setelah men-submit data lengkap, maka pastikan untuk mengecek email secara berkala sebagai langkah verifikasi pertama. Pada email tersebut, Anda juga akan diberikan panduan-panduan berikutnya untuk melanjutkan proses registrasi dari pihak GoFood.

5. Kelengkapan Dokumen
Setelah selesai dan berhasil melakukan verifikasi email, Anda akan diminta melengkapi beberapa dokumen. Berikut beberapa dokumen yang harus dipersiapkan saat daftar GoFood:

-Foto/scan KTP pemilik rumah makan.
-Foto/scan NPWP pemilik rumah makan (tidak wajib)
-Foto/scan buku tabungan yang tertera nomor rekening.
-Foto/scan Kartu Keluarga (Tidak Wajib)
-Foto/scan pemilik rumah makan yang pegang KTP dan KK
-Pastikan semua foto tampak jelas dan dapat dibaca.
-Setelah semua langkah di atas terpenuhi, kini Anda hanya perlu menunggu verifikasi data dan informasi terbaru dari GoFood terkait akun Anda. Waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui apakah Anda lolos atau tidak pada pendaftaran GoFood ialah antara satu hingga dua minggu.

Sekian artikel tentang Ini Cara Daftar GoFood 2020, Gampang Banget!, semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Share: