Test drive mobil adalah cara terbaik untuk mengetahui kondisi mobil sesungguhnya. Metode ini sangat baik dilakukan untuk mobil baru maupun dari tangan kedua (bekas). Oleh karena itu anda sebagai calon pemilik mobil tersebut harus benar-benar menguji kelayakan mobilnya terhadap Anda, jangan sampai Anda memiliki mobil namun ada masalah baru dikemudian hari.

Kita lewatkan saja jika anda memang sadar bahwa test drive sangat penting. Tapi, apa anda sudah tahu apa yang akan anda lakukan ketika test drive?

Kesempatan test drive ini tentu harus sudah mendapat izin dari sang penjual sebelumnya, baik itu dealer atau perorangan. Karena cukup mengundang resiko, terkadang kita pun kurang mendapat keleluasaan saat test drive ini.

Bukan tidak mungkin untuk mendapat kesempatan test drive yang kita inginkan keleluasaan, kepercayaan dan durasi percobaan tetapi harus ada persetujuan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

Baca juga : Harga mobil Toyota Vios bekas, mulai Rp 60 juta saja

Keinginan dan Kebutuhan

Cobalah cari mobil yang memang anda butuhkan bukan keinginan, minimal dengan mobil yang benar-benar mirip dengan pilihan anda.

Jangan menerima begitu saja pilihan dari salesman. Jika anda tidak memiliki kebutuhan akan test-drive yang kuat, salah-salah anda hanya menurut saja ajakan test drive dari salesman tanpa tahu akibat yang akan terjadi nantinya.

Anda pun tentu jangan asal, dalam memilih mobil untuk test drive, seperti yang sudah diulas sebelumnya, minimal dengan mobil yang sedikit mirip dengan mobil pilihan anda.

Kebutuhan anda dengan jenis compact car, jangan sekali-kali untuk mencoba mobil jenis premium. Selain tak tepat target, tentu akan terlihat konyol.

Sesuaikan dengan kemampuan menyetir anda juga. Jika anda kurang begitu mahir mengendarai mobil canggih dan rumit, bertenaga besar atau sulit dikendalikan, jangan paksakan untuk mencobanya.

Ingat, mobil yang akan anda pilih untuk pribadi anda sendiri atau akan digunakan oleh anggota keluarga anda juga.

Administrasi

Kebanyakan dari dealer mobil baru akan membutuhkan SIM dan tanda pengenal anda sebelum test drive.

Jika anda belum mempunyai SIM, mungkin anda bisa meminta bantuan orang lain yang sangat anda percayai, dan memiliki karakter mengemudi yang kurang lebih sama dengan anda untuk mencoba mobil yang anda mau.

Bagi anda yang benar-benar ingin melakukan test drive, apalagi untuk mengincar keleluasaan saat melakukannya, ajukan permintaan pada dealer dan siapkan semua keperluan administrasi.

Sikap ini akan bisa membangkitkan keyakinan dan kepercaan pihak penjual (dealer atau perorangan) untuk memberikan mobilnya pada anda. Anda pun siap untuk test drive dengan tidak menutup kemungkinan mendapat durasi dan jarak tempuh percobaan yang lebih dari sang penjual.

Let’s test drive

Pertama-tama sesuaikan posisi duduk anda dengan setir, jok dan spion agar nyaman dan ergonomis bagi anda.

Perhatikan area blindspot yang ada pada mobil, lalu pikirkan bagaimana mengatasinya. Jangan khawatir, cukup mengatur spion dan menyalakan kamera atau sensor parkir (jika ada).

Jika hal ini tidak dilakukan, maka anda akan kerepotan dalam mencoba mobilnya nanti, dan kesan anda dapatkan hanya ketidaknyamanan.

Bagi anda yang membeli mobil baru di dealer, biasanya akan disiapkan rute test drive. Rute yang disediakan pun mempunyai hampir seluruh kondisi jalanan pada umumnya, seperti lurus dan datar, tanjakan, berkelok, hingga macet dan berlubang.

Jangan mencoba mobil dengan sembarangan. Kemudikan mobil dengan normal dan tetap waspada.

Dengan anda mengemudi secara sembarangan (ugal-ugalan) justru cara mengemudi seperti itu anda tidak memperhatikan performa asli dari mobil tersebut sehingga secara langsung anda menutupi kondisi mobil.

Kemudikan mobil dengan normal, jangan terlalu pelan juga. Intinya adalah kemudikan dengan normal seperti biasa anda lakukan, namun tetap memperhatikan kondisi mobil, mulai dari kaki-kaki, mesin dan bagian dalam kabin.

Bila memungkinkan, coba mobil tersebut dengan kecepatan tinggi. Percobaan ini untuk mengetahui kekurangan mobil, seperti limbung saat kecepatan 100 km/jam dan lain lain.

Saat berkendara, coba juga fitur yang terdapat pada mobil. Misalnya, pada mobil tersebut tertera fitur iPod docking, maka sambungkan iPod anda dan dengarkan suaranya.

Nyalakan AC dan heater ketika mobil melaju, apakah cukup dengan ekspektasi anda atau tidak. Untuk fitur ABS, EBD dan Stability Control, coba anda lakukan pengereman dan liuk-liukkan mobil agar bisa mencoba teknologi tersebut.

Nah, sekarang anda telah melakukan test drive mobil pilihan anda.

Untuk memudahkan anda, buatlah catatan sendiri mengenai kemampuan mobil yang anda cari.

Buat kolom checklist mengenai kelebihan dan kekurangan mobil yang telah anda coba.

Sebagai perbandingan, silahkan anda lakukan test drive terhadap mobil lain pilihan anda yang spesifikasi dan kebutuhannya masih sama dengan mobil yang sebelumnya anda coba.

Pertimbangkan segala aspek sebelum anda memutuskan mobil mana yang akan anda beli. Perlu diperhatikan juga, terutama mobil keluarga, mobil tersebut akan digunakan secara rutin oleh siapa, anda saja atau anda dan anggota keluarga lainnya (istri dan anak).

Sumber:www.carmudi.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *